Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Sekilas tentang ekonomi kreatif

8 Komentar

Bagi Anda, para peserta FEKSI yang akan mengikuti lomba debat dan menulis artikel, ada baiknya menyimak catatan kecil tentang hal-ikhwal ekonomi kreatif di bawah ini, yang bisa dijadikan sebagai pijakan awal untuk melakukan pencarian bahan-bahan tentang ekonomi kreatif yang lebih banyak dari media massa (media cetak dan media online).

Apa itu Ekonomi Kreatif?
Ekonomi Kreatif merupakan era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusianya sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. (Kementerian Perdagangan, 2009)

Apa Itu Industri Kreatif?
Industri kreatif didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan memberdayakan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. (Kementerian Perdagangan, 2009)

Ada 14 subsektor yang masuk ke dalam kategori industri kreatif. Mereka adalah: 1). Fesyen; 2). Pasar Seni dan Barang Antik; 3). Permainan Interaktif; 4). Film, Video, dan Fotografi; 5). Kerajinan; 6). Musik; 7). Desain; 8). Periklanan; 9). Televisi dan Radio; 10). Seni Pertunjukan; 11). Riset dan Pengembangan; 12). Layanan Komputer dan Komputer Lunak; 13). Penerbitan dan Percetakan; serta 14). Arsitektur.

Beberapa contoh industri kreatif
Kelompok Industri Fesyen. Fesyen adalah kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi, produksi, distribusi dan konsultansi produk pakaian, alas kaki, tas, dan aksesoris mode lainnya.

Menurut KBLI 2005, jenis lapangan usaha di Industri Fesyen adalah:
Industri Pakaian Jadi Rajutan
Industri Rajutan Kaos Kaki
Industri Barang Jadi Rajutan Lainnya
Industri Pakaian Jadi dan Aksesoris
Industri Alas Kaki
Perdagangan eceran, besar dan ekspor produk industri di atas
Jasa perorangan : desainer fesyen, model

Kelompok Industri Video, Film, & Fotografi
Video, Film Dan Fotografi: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi, produksi film, video, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman film, video dan hasil fotografi. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film. Lingkup Lapangan Usaha menurut KBLI 2005: Reproduksi film dan video, Jasa pemotretan,Produksi dan distribusi film, Kegiatan bioskop.

Kelompok Industri Permainan Interaktif
Permainan Interaktif adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan pada media komputer, video, konsol, telepon genggam, dan jaringan internet, yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.

Kriteria Permainan Interaktif
Berbasis elektronik berupa:
Aplikasi piranti lunak pada:
Komputer (online maupun stand alone),
Console  (Playstation, XBOX, Nitendo dll),
Telepon genggam
Arcade
Alat ketangkasan

Kelompok Industri Musik
Musik: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi atau komposisi, pertunjukan musik, reproduksi, & distribusi dari rekaman suara. Lingkup kegiatan: Perekaman suara (kaset, CD, film dan video), Reproduksi/rekaman ulang (audio, komputer, floppy, hard dan compact disk) , Pertunjukan kesenian dan hiburan panggung (oleh pemerintah maupun swasta), usaha penunjang hiburan (juru kamera, juru lampu, juru rias, penata musik.

Mengapa Ekonomi Kreatif

  • Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan
  • Menciptakan iklim bisnis yang positif
  • Membangun citra dan identitas bangsa
  • Berbasis pada sumber daya yang terbarukan
  • Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan  keunggulan kompetitif suatu bangsa
  • Memberikan dampak sosial yang positif

Kontribusi Ekonomi Kreatif
Periode studi tahun 1997-2008 di beberapa negara:
Kontribusi GDP IK berkisar antara 2,8% (Singapura) sampai dengan 7,9% (Inggris)
Pertumbuhan PDB industri kreatif berkisar antara 5,7% (Australia) dan 16% (Inggris)
Tingkat partisipasi tenaga kerja berkisar antara 3,4% (Singapura) sampai dengan 5,9% (US).
Tahun 2008 Kondisi Industri Kreatif di Indonesia adalah:
Kontribusi PDB sebesar 151 triliun rupiah(7,28% dari total PDB Indonesia)
Jumlah penyerapan tenaga kerja mencapai 7,7 juta pekerja  dengan tingkat partsipasi 7,53%
Nilai ekspor mencapai 114,9 triliun rupiah dan berkontribusi sebesar 7,52% terhadap total nilai ekspor nasional (pertumbuhan nominal ekspor)

Kontribusi PDB Subsektor 2008
Kontribusi NTB terbesar: Fesyen, Kerajinan, Periklanan dan desain, berturut-turut menyumbang 43%, 25%, 8% dan 6%. Kontribusi Fesyen dan Kerajinan mencapai: 70,01%. Fluktuasi kedua sektor ini sangat mempengaruhi kontribusi PDB IK.

Permasalahan Utama Industri Kreatif Indonesia

  1. Kuantitas dan kualitas sumber dayta insani.
  2. Iklim kondusif untuk memulai dan menjalankan usaha.
  3. Penghargaan/apresiasi.
  4. Percepatan tumbuhnya teknologi dan komunikasi.
  5. Ketersediaan bahan baku.
  6. Pembiayaan.

Model Pengembangan
Satu Landasan Utama danLima Pilarutamayang harus diperkuat dalam mengembangkan ekonomi kreatif adalah:

  • People, adalah individu-individu atau sumber daya manusia yang kreatif.
  • Industry, yaitu kumpulan dari perusahaan yang bergerak di dalam bidang industri kreatif
  • Technology, yaitu enabler untuk mewujudkan kreatifitas individu dalam bentuk karya nyata.
  • Resources, yaitu input selain kreatifitas & pengetahuan individu yang dibutuhkan dalam proses kreatif, misal: SDA, lahan
  • Institution, yaitu tatanan sosial, public places & spaces(norma, nilai, kebijakan dan hukum) yang mengatur interaksi antar manusia
  • Financial Intermediary, yaitu Lembaga intermediasi keuangan

Peluang Kaum Muda Di Ekonomi Kreatif

  • Berbasis Pengetahuan, kreativitas
  • Industri kreatif berasaldariide manusianya.
  • Membutuhkan modal yang relatif kecil
  • Dengan kreatifitas dan teknologi yang semakin murah, bisa dihasilkan produk kreatif bernilai tinggi.
  • Permintaan terus meningkat, pasar meluas, teknologi semakin murah
  • Apresiasi masyarakat terhadap industri kreatif di Indonesia meningkat, sehingga Indonesia merupakan pasar yang besar bagi Pelaku kreatif.

Rantai Nilai dalam Industri Kreatif

  1. Kreasi, adalah penciptaan dimana daya kreasi merupakan faktor suplai/input dalam industri kreatif dengan  melibatkan segala hal yang berhubungan dengan cara-cara mendapatkan input, menyimpannya dan mengolahnya.
  2. Produksi, adalah segala aktivitas yang dibutuhkan dalam mentransformasikan input menjadi output, baik berupa produk maupun jasa dan sifatnya mereplikasi kreasi yang sudah ada.
  3. Distribusi, adalah segala kegiatan dalam penyimpanan dan pendistribusikan output.
  4. Komersialisasi, adalah segala aktivitas yang berfungsi memberi pengetahuan kepada pembeli tentang produk dan layanan yang disediakan, dan juga mempengaruhi konsumen untuk membelinya.

Prestasi Kaum Muda Indonesia
Dari 25 Nominasi, 9 Pengusaha Muda Indonesia berhasil masuk ke dalam Asia’s Best Young Entrepreneurs 2009 yang diselenggarakan oleh majalah Business Week: India (1), Jepang (1), Singapura (5), Hongkong (2), Thailand (2), China (2), Taiwan (1), Hong Kong (1), Korea Selatan (2). Semuanya adalah pelaku industri kreatif.

Cerita Sukses Pelaku Kreatif
Andina Nabila Irvani, 19 Tahun, perusahaan Spotlight, pendapatan: $1,5-2 Juta. Mahasiswa desain  komunikasi visual binus bersama kakaknya membuka usaha sepatu lukis (painted shoes) yang akan dikembangkan  untuk painted  t-shirt dan painted bag.

Wahyu Aditya, 29 Tahun, perusahaan Hellomotion Scholl. Salah satu pemenang  dari  IYCEY Design and Screen Award di tahun 2007. Saat ini berencana untuk menggunakan $ 12.000 hadiah yang didapatkannya untuk belajar  industri film di London dan Bristol.

Aziz Setyawijaya, 19 tahun, perusahaan Nomaden Experimental Artworks.Seorang fotografer yang menetap di Yogyakarta yang telah berhasil dalam waktu yang singkat menghasilkan pendapatan mencapai $7.000.

Malariantika Yulianggi,  19 tahun, perusahaan Shoyu Pia Cake.Ketika sedang melakukan penelitian tentang makanan lokal, dan dia melihat bahwa jambu belum dikembangkan secara luas oleh masyarakat Indonesia. Kemudian dia membuat shoyu pia cake. Saat ini sudah memperkerjakan 6 pegawai.

Terdapat ratusan kegiatan kreatif yang dilakukan di Indonesia setiap tahunnya, antara lain yang menarik perhatian masyarakat:
Bandung: Helarfest, Braga Festival
Jakarta:  Festival Kota Tua, PRJ, Jak Jazz, Jiffest
Solo: Solo Batik Carnival, pasar windu jenar
Yogyakarta: Festival Kesenian Yogyakarta, Pasar Malam Sekaten, Biennale
Bali: Bali Fashion Week, Bali Art Festival
Lampung: Way Kambas Festival
Palembang: Festival Musi
Event Kreatif besar lainnya yang juga telah rutin diadakan seperti
Pesta Blogger, Java Jazz, HelloFest, KickFest, dll.

Apresiasi terhadap Produk Kreatif
Industri perfilman nasional bertumbuh baik dari segi judul maupun penonton. Thn 2007 jumlah film nasional 50 judul, menjadi 80 judul thn 2008, penonton film ayat-ayat cinta 3.581.947  dan Laskar pelangi 2.455.000, film horor 1.082.082 penonton (thn 2009).
Kecintaan thd  produk kreatif dalam negeri terbukti jumlah kehadiran penonton cukup besar dalam Java Jazz Festival (JJF)  yang menggabungkan antara alat musik tradisional dan modern.
Hasil Creative community gathering di 3 daerah menyimpulkan: Kekayaan dan kemampuan pelaku industri kreatif indonesia tidak kalah bersaing dengan karya dari luar negeri, dll.

Program Pengembangan Ekonomi Kreatif 2010-2015 oleh Kementerian Perdagangan
Program yang akan dilakukan KEMENDAG untuk mencapai setiap sasaran pengembangan ekonomi kreatif adalah:
Terbukanya akses terhadap talenta kreatif dan potensi kreatif.

  • Penciptaan informasi dan database industri kreatif Indonesia yang didukung dengan teknologi informasi.
  • Fasilitasi riset industri kreatif  dan pemberian insentif yang mendukung inovasi.
  • Fasilitasi kegiatan yang  mendorong lahirnya insan kreatif  dan entrepeneur kreatif baru.
  • Terciptanya industri kreatif berdaya saing melalui pengelolaan pelayanan distribusi dan komersialisasi karya insan kreatif yang sesuai.
  • Peningkatan efisiensi pelayanan distribusi dalam dan luar negeri.
  • Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran di dalam dan luar negeri.
  • Kapasitas dan penguasaan teknologi yang tinggi.
  • Peningkatan kapasitas teknologi melalui program kemitraan baik dengan pihak dalam maupun luar negeri.
  • Pemberian insentif untuk eksportir dan  importir teknologi.
  • Distribusi bahan baku yang mendukung tumbuh kembangnya industri kreatif.
  • Revitalisasi kebijakan dan regulasi distribusi bahan baku industri kreatif.
  • Kebijakan dan Regulasi distribusi output industri kreatif yang sesuai dan mendukung penghargaan terhadap karya insan kreatif, dan lahirnya identitas lokal daerah.
  • Perbaikan dan sosialiasi kebijakan, regulasi distribusi produk/jasa kreatif serta Hak atas kekayaan Intelektual.
  • Penciptaan identitas lokal daerah tingkat I dan II dan identitas nasional di mata dunia
About these ads

Author: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

8 thoughts on “Sekilas tentang ekonomi kreatif

  1. mas, itu kalo mau ikut gimna???

    • Danar yang baik…. Jika Anda adalah pelajar/siswa klas 1 – 3 SMA/SMK/MA, silakan ikuti program ini, asalkan Anda berdomisili di salah satu dari 10 kota tujuan lomba: Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Palembang, Banjarmasin, dan Denpasar. Mengenai syarat2 lomba, silakan pelajari lebih jauh postingan2 yang ada dalam blog. Ditunggu partisipasinya. Salam FEKSI 2010…!!!

  2. subhanallah,,,, keren bgt event nie…. SEMANGAT!!!!!

  3. mas aku mau ngucapin trimakasih aja. krna dengan adanya feksi ini aq smangat untuk menulis. :)
    thanks ya

  4. makasih yah.. atas infonya, saya sudah bisa menentukan, bahan artikel yang akan saya angkat nanti….

  5. asslmkum,
    sya mw tnya,, klo sya kmarin tdak ikt telmit.
    ap sya bsa mngikti lomba ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 593 pengikut lainnya.