Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Ketentuan khusus lomba menulis artikel FEKSI 2010

27 Komentar

Di bawah ini, adalah persyaratan atau ketentuan khusus bagi calon peserta yang hendak mengikuti lomba Menulis Artikel dalam Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI) 2010. Selengkapnya sebagai berikut:

1. Terbuka bagi pelajar SMA dan sederajat di 10 Kota, Kelas X, XI, dan XII.
2. Peserta lomba adalah individu, bukan tim.
3. Setiap sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan peserta lomba menulis artikel MAKSIMAL sebanyak 3 peserta atau tiga karya.
4. Setiap peserta lomba menulis artikel, didampingi oleh seorang guru pembimbing.
5. Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 peserta lomba artikel, jika memungkinkan, maka guru pembimbing seyogianya juga berlainan (tidak merangkap).
6. Tema yang diperlombakan dalam Lomba Menulis Artikel pada FEKSI 2010 ini adalah: “Kreatif, Mandiri, dan Bangga Produk Dalam Negeri”.
7. Peserta lomba menulis artikel wajib memilih salah satu sub-tema berikut sebagai bahan mengikuti lomba:
7.1. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional.
7.2. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
7.3. Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.
8. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) karya dengan merujuk pada salah satu sub-tema di atas.
9. Judul artikel bebas, sesuai dengan salah satu dari sub-tema yang ditentukan di atas. Simpanlah artikel tersebut dengan menggunakan nama penulis diikuti dalam tanda kurung nama kota asal peserta. Contoh: Mutiara Hapsari (Makassar)
10. Tulisan bersifat features atau esai dan bukan murni karya ilmiah atau berita (lihat contoh-contoh penulisan features di suratkabar atau majalah).
11. Tulisan merupakan pendapat (opini) pribadi peserta yang disusun berdasarkan analisa peserta melalui pengamatan lingkungan dan sumber literatur atau bacaan yang tersedia.
12. Sebisa mungkin dalam tulisan diuraikan persoalan yang dihadapi mengenai sub-tema di atas dan dilengkapi dengan saran atau solusi dari penulis terhadap persoalan atau hal yang ditulis.
13. Tulisan adalah asli (dibuktikan dalam Formulir Pendaftaran yang juga ditandatangani Kepala Sekolah) dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba serupa.
14. Tulisan diketik rapi dengan komputer, spasi 1,5, maksimal 6000 karakter (termasuk white spaces) atau ekuivalen dengan maksimal 4 halaman layar komputer, font Times New Roman ukuran 12, margin standar (4-3-4-3).
15. Data pribadi: Nama Penulis, Asal Sekolah, Kelas, Alamat Sekolah, No Telp dan Fax Sekolah, No HP Peserta, Alamat E-mail Peserta, Nama Guru Pembimbing, dan No HP Guru Pembimbing, WAJIB DICANTUMKAN di halaman terpisah di luar halaman naskah utama.
16. Seluruh literatur yang dibutuhkan untuk bahan-bahan penulisan artikel, bisa diunduh dari berbagai sumber di internet. Misalnya: http://www.indonesiakreatif.net, http://www.depdag.go.id  atau dari situs-situs penerbit suratkabar dan majalah terkait yang mengulas tentang ketiga sub-tema yang dijadikan bahan lomba.
17. Apabila mengambil kutipan atau bahan dari sumber-sumber literatur, baik yang bersifat buku, suratkabar, majalah, atau dari internet, WAJIB untuk mencantumkan sumber-sumber tersebut di naskah artikel, atau dicantumkan secara keseluruhan di halaman REFERENSI/DAFTAR PUSTAKA.
18. Naskah artikel dalam 1 (satu) file termasuk Data Pribadi dan Daftar Pustaka, dikirimkan kepada Panitia Festival Ekonomi Kreatif Tk-SMA se-Indonesia (FEKSI) 2010 melalui e-mail dengan alamat: feksi2010@gmail.com, CC ke: spspusat@spsindonesia.or.id.
19. Panitia hanya menerima kiriman naskah dalam bentuk e-mail. Naskah yang dikirim dalam bentuk faksimili, pos tercatat, dan sejenisnya (hard copy), kami anggap GUGUR, dan tidak akan diikutsertakan dalam penilaian.
20. Konfirmasi atas pengiriman e-mail peserta, silakan menghubungi contact person panitia di masing-masing kota (lihat daftar contact person di bawah).
21. Pengiriman naskah sekaligus pendaftaran peserta dilakukan antara saat technical meeting berlangsung hingga waktu tenggat (Deadline) pengumpulan artikel yang sudah ditentukan oleh panitia di masing-masing kota (lihat jadwal Deadline).
22. Pengiriman artikel setelah Deadline di masing-masing kota dinyatakan GUGUR, atau tidak akan diikutkan dalam proses penilaian.
23. Peserta lomba menulis artikel DILARANG merangkap menjadi peserta kompetisi debat dan sebaliknya.
24. Dewan Juri terdiri dari 3 orang yang berasal dari: Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat (mewakili aspek gagasan, bahasa, dan gaya tulisan), Kementerian Perdagangan RI/Pengamat/Pelaku Ekonomi Kreatif (mewakili aspek substansi tulisan), dan Akademisi Lokal (mewakili metodologi dan sistematika tulisan).
25. Penjurian akan dilakukan di masing-masing kota, dengan tiga kriteria: Aspek Substansi Isi (40%), aspek gagasan, bahasa, dan gaya tulisan (30%), dan aspek metodelogi atau sistematika tulisan (30%).
26. Seluruh peserta Lomba Menulis Artikel akan diundang untuk hadir pada hari H pelaksanaan Lomba Menulis Artikel dan Debat Festival Ekonomi Kreatif di masing-masing kota (lihat jadwal event).
27. Dewan Juri akan memilih 10 Calon Pemenang yang berhak maju ke babak final penjurian. Kesepuluh Calon Pemenang akan diumumkan pada hari pertama event FEKSI 2010  lk Pk. 17.00 (waktu lokal) di tiap-tiap kota lokasi lomba berlangsung.
28. Sepuluh Calon Pemenang kompetisi menulis artikel terpilih, akan diundang pada hari II event FEKSI 2010 di masing-masing kota, Pk. 08.30 – 11.00 waktu setempat di lokasi lomba, untuk melakukan presentasi dan berdialog dengan dewan juri kira-kira 10 menit tiap orang, guna mencari 3 (tiga) pemenang utama yang berhak mendapat hadiah trophy, uang pembinaan, dan sertifkat. Presentasi di depan dewan juri memiliki bobot 30%, sedangkan Naskah Artikel berbobot 70% dari seluruh total Nilai yang diberikan oleh Dewan Juri.
29. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
30. Seluruh Peserta dan Guru Pembimbing akan memperoleh SERTIFIKAT.
31. Pemenang I Lomba Artikel di setiap kota dengan didampingi 1 (satu) orang guru pendamping, akan diundang ke Jakarta untuk bertanding dalam Grand Final Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA se-Indonesia Th 2010 memperebutkan Trophy Bergilir Menteri Perdagangan RI. Sekaligus beramah-tamah dengan Menteri Perdagangan. Seluruh biaya perjalanan ke dan dari Jakarta ditanggung oleh Panitia Lomba.
32. Grand final nasional direncanakan akan berlangsung pada 22 Desember 2010 (disesuaikan dengan jadwal Menteri Perdagangan).
33. Pemenang Grand Final akan memperoleh hadiah berupa uang tunai, trophy bergilir Menteri Perdagangan RI, dan sertifikat. Khusus guru pendamping peserta Grand Final, juga akan memperoleh Sertifikat dari panitia.

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

27 thoughts on “Ketentuan khusus lomba menulis artikel FEKSI 2010

  1. ass, kebenaran boleh gak jika yang mengikuti dari kabupaten yang berbeda, tapi dalam 1 propinsi contohnya : SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III, Sum-Sel, dan gak harus dikota Palembang, (jadi ada pemerataan)

    • Pak Usman yang budiman…. Tentu saja boleh. Yang penting, bapak harus mendaftar dan jangan sampai melampaui tenggat waktu pendaftaran. Untuk Banyuasin, Bapak silakan mengikuti event-nya di Palembang. Sebelumnya, silakan hadir pada technical meeting untuk wil Palembang dan sekitarnya, yang akan kita selenggarakan di Graha Pena Sumatera Ekspres, Jl. Kolonel Burlian, Palembang, pada Selasa, 5 Okt, pk. 14.00 – 16.00 wib. Informasi lebih lanjut ttg telmit dan jadwal event, silakan buka postingan2 kami sebelumnya di blog FEKSI. Salam hangat FEKSI…!

  2. aslmkm, terimakasih pak atas informasi ketentuannya ^_^

  3. Kalau artikel itu terdiri dr 4 halaman tapi lebih dari 6000 karakter, bagaimana diterima nggak? thanx atas penjelasannya.

    • Hallo Robby… Tentu saja boleh, sepanjang tidak melebihi dari 4 halaman artikelnya. Untuk biodata dan daftar pustaka, harap dibuat di halaman terpisah, atau di luar 4 halaman artikel tadi. Ditunggu karyanya yaaaaaaaaa… Salam FEKSI dan kreatif slalu…!!!

  4. assalamu’alaikum,
    artikel itu bersifat features maksudnya gimana ya? boleh gak kalo artikelnya di sertakan hasil wawancara?

    • Hallo Fauzan…. Features itu ada beberapa macam, antara lain opini, cerita perjalanan, dll. Untuk lomba kita ini, konsep artikel merujuk pada perpaduan antara opini, fakta, dan analisa. Dalam hal artikel yang kita lombakan, Fauzan bisa juga mengutip hasil wawancara yang Anda lakukan. Karena itu bisa menjadi bagian dari cara Anda melakukan analisis persoalan yang hendak ditulis. Ditunggu artikelnya yaaa… Salam FEKSI dan kreatif selalu…!!!

  5. ass,wr,wb
    dalam formulir pendaftaran apakah boleh tidak disertakan tanda tangan hanya nama kepala sekolah,peserta,dan guru pebimbing?
    apakah formulirnya berada dalam lembar yang bersamaan dengan artikelnya?
    terimakasih sebelumnya

    • Hallo Amanda… Formulir harus disertai dengan tanda tangan peserta, guru, dan kepsek yaaa… Kecuali jika memang ada gangguan teknis kami tetap mengizinkan. Namun jika tidak ada gangguan teknis, harus tetap ditandatangani. Ditunggu partisipasinya. Salam FEKSI dan kreatif selalu….!!!

  6. Assalamu’alaykum..
    pengiriman artikelnya itu kan via e-mail, saya masih kurang jelas apakah perlu diprint dahulu lalu discan dan dikirim via JPEG atau setelah saya ketik di Ms. Word langsung copy paste ke e-mail dan tinggal kirim??
    trus kalo formulir ada tanda tangan kepsek + stempel sekolah berarti kan harus discan dan dikirim via JPEG??
    dan last, apakah perlu halaman cover juga??

    • Hallo Meuthia…. Artikel yang sudah Anda ketik, silakan disimpan dalam file dengan nama Anda sendiri, diikuti dalam kurung nama kota asal Anda. Lalu ketika hendak dikirim e-mail, file artikel Anda tinggal di-attach (dipanggil), lalu sertakan formulir yang sudah discan (lengkap ttd Anda, guru, dan kepsek plus stempek skul). Sehingga ada 2 file yang dikirim ke kami: file artikel Anda dan file formulir tadi. Untuk pengiriman artikel tidak harus melampirkan halaman cover. Ditunggu artikelnya yaaa… Salam FEKSI dan kreatif slalu…!!!

  7. Mas, saya mau nanya. Saya udah kirim artikelnya tapi saya belum dapat email konfirmasi balik dari FEKSI, kabarnya teman saya Meutia Shabrina sudah mendapatkan email balasan dari FEKSI.

  8. Asskum……

    Mau tanya apakah artikel saya sudah di terima????
    saya dari SMAN 9 Surabaya……..
    Trim’s

  9. Assalamua’laikum…
    Saya Hanna dari SMA Al Hikmah Surabaya..Ada hal yang ingin saya tanyakan. Yang pertama,apakah presentasi artikel dilakukan pada hari Senin atau Selasa? Kedua, Lalu format presentasinya bagaimana?
    Terimakasih.🙂

    • Hallo Hanna… Presentasi artikel bagi mereka yang lolos 10 besar, akan dilakukan hari Selasa (2/11), lk pk. 08.30 – 10.30 wib. Presentasi dilakukan secara lisan, tidak menggunakan power point dan sejenisnya. Mudah2an Hanna masuk babak 10 besar yaaa… Salam FEKSI dan kreatif selalu…!!!

  10. @pak asmono wikan:terimakasih atas info dan do’anya,pak…Amin ya Rabb…:)

  11. ass, pak asmono mau nanya nih, kertas untuk artikel A4 atau folio ya???, thanks infonya

  12. assalamualaikum pak!
    mau nanya neh, artikel saya sudah si kirim. tapi saya belum dapat balasan email dr panitia kalau artikel saya udah diterima atau belum. saya dari sman 15 palembang. terus, tanda tangan dan cap saya memang saya scan. tapi saya potong dari format JPEG, terus saya copy kan ke formulir saya. apakah itu boleh pak?
    terima kasih info ny pak, sukses selalu!

  13. penulisan artikel (4-3-4-3) maksudnya apa ya?
    .

    • Hallo Detyy… Maksudnya adalah jarak antara bidang penulisan dengan batas kertas di bagian atas dan kiri adalah 4 cm dan bagian bawah dengan kanan adalah 3 cm. Kurang lebihnya demikian. Ditunggu karya artikelnya ya… Salam FEKSI slalu…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s