Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Ketentuan khusus lomba debat FEKSI 2010

14 Komentar

Panitia penyelenggara Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI) 2010, telah menentukan kriteria atau ketentuan khusus bagi para calon peserta lomba debat yang akan memgikuti event ini. Berikut adalah tata cara selengkapnya:

1. Terbuka bagi pelajar SMA dan sederajat di 10 Kota, Kelas X, XI, dan XII.
2. Peserta lomba adalah tim (satu tim terdiri 3 orang).
3. Tiap sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan MAKSIMAL 2 (dua) tim debat.
4. Setiap tim debat didampingi oleh 1 (satu) orang guru pembimbing.
5. Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 tim lomba debat, maka guru pembimbing, jika memungkinkan, seyogianya juga berlainan (tidak merangkap).
6. Tema yang diperlombakan dalam Lomba Debat pada FEKSI 2010 ini adalah: “Kreatif, Mandiri, dan Bangga Produk Dalam Negeri”, dengan tiga sub-tema sbb:
6.1. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional.
6.2. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
6.3. Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.
7. Sub-tema yang akan diperdebatkan akan diundi pada hari H pelaksanaan debat.
8. Sejak babak penyisihan hingga final, panitia akan menggunakan tiga sub-tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat. Sub-tema akan terus berganti, namun tetap mengacu pada ketiga sub-tema di atas, dalam setiap putaran debat.
9. Debat ini menggunakan sistem PERINGKAT atau RANKING.
10. Setiap debat akan mempertandingkan 2 – 4  tim dengan durasi debat tiap sesi adalah 15 – 20 menit.
11. Penilaian debat meliputi:
11.1. Aspek substansi penguasaan masalah (40%) dengan juri dari Kementerian Perdagangan atau Pengamat/Pelaku Ekonomi Kreatif;
11.2. Aspek logika dan analisa berpikir (30%) dengan juri dari Akademisi Lokal; dan
11.3. Aspek gaya bicara, etika bicara, intonasi bicara, maupun gerak tubuh (30%) dengan juri dari Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat.
12. Seluruh tim yang menjadi peserta akan mengikuti Babak Penyisihan dari pagi sampai sore pada hari pertama lomba. Dewan Juri akan menentukan 10 tim peringkat teratas hasil babak penyisihan, yang berhak maju ke babak Semifinalis keesokan harinya.
13. Pada hari kedua, akan berlangsung Babak Semifinal yang diikuti oleh 10 tim untuk menentukan 3 tim terbaik yang berhak lolos ke Babak Final pada siang harinya.
14. Ketiga tim yang masuk ke Babak Final tersebut, akan bertanding kembali, untuk menentukan Juara I – III yang berhak memperoleh hadiah trophy, uang pembinaan, dan sertifikat dari panitia.
15. Pendaftaran peserta lomba debat dilaksanakan dengan menyerahkan formulir pada saat technical meeting di masing-masing kota, atau mengirimkan formulir pendaftaran tersebut yang sudah diisi lengkap ke Panitia Lomba melalui e-mail di alamat: feksi2010@gmail.com dan CC: spspusat@spsindonesia.or.id, hingga  saat Deadline pendaftaran atau jika sudah mencapai 40 TIM. Jika jumlah peserta debat sudah 40 tim, maka pendaftaran langsung DITUTUP meskipun belum sampai batas waktu penutupan.
16. Pendaftaran Lomba Debat melalui Faksimili dan Pos Tercatat/Jasa Kurir tidak diperbolehkan dan akan dianggap GUGUR.
17. Panitia akan mengadakan technical meeting untuk memberikan penjelasan teknis sekaligus sebagai awal pendaftaran  peserta (Lihat Jadwal Technical Meeting).
18. Pengambilan Nomor Undian peserta debat akan diadakan pada hari H, Pk. 08.00 – 09.00 waktu setempat sambil registrasi ulang seluruh peserta lomba debat.
19. Peserta debat DILARANG merangkap menjadi peserta lomba menulis artikel dan sebaliknya.
20. Jalannya perdebatan dipimpin oleh seorang moderator.
21. Kronologi perdebatan akan dibagi menjadi 3 (tiga) bagian:
21.1. Bagian pertama: masing-masing tim diminta menyampaikan pendapat/pernyataan awal tentang sub-tema yang menjadi jatah undiannya selama 1 (satu) menit. Misalnya: sub-tema “Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional”.
21.2. Bagian kedua, Dewan Juri (diwakili oleh salah satu Juri), akan melakukan pendalaman kepada seluruh tim yang tengah berdebat. Setiap tim debat harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Juri pada sesi ini.
21.3. Bagian ketiga, moderator melempar satu pertanyaan terkait sub-tema yang diperdebatkan bagi Sesi tersebut, kemudian harus dijawab berebutan (siapa cepat menunjukkan jari maka berhak menjawab duluan). Jawaban dari salah satu tim inilah yang akan dilempar untuk dikonfrontasikan oleh moderator dengan jawaban dari tim-tim lainnya. Jadilah pada bagian ini akan terjadi perdebatan seru antar tim, namun tetap di bawah kendali dari moderator. Moderatorlah yang mengarahkan agar perdebatan berjalan dalam rel yang benar, tidak berkembang menjadi debat kusir. Inilah yang disebut sebagai Sesi Debat Bebas.
21.4. Saat berlangsung perdebatan bebas antar tim ini, moderator akan mengendalikan suasana perdebatan agar tidak terjadi debat kusir antar tim yang sedang bertanding. Dewan juri hanya akan menyaksikan dan sekaligus menilai kualitas perdebatan setiap tim tersebut.
21.5. Setiap pendapat memperoleh apresiasi sama. Tidak ada vonis benar atau salah dalam berpendapat atau berdebat. Juri akan menilai dari sisi substansi pendalaman masalah dan logika solusi yang ditawarkan, serta gaya komunikasi yang ditampilkan oleh peserta. Termasuk soal etika dalam berbicara.
21.6. Setiap sesi debat, di ruangan semua peserta boleh masuk. Sementara jumlah suporter dibatasi, maksimal 5 orang (diluar peserta), yang boleh masuk di ruangan debat. Jika lebih dari 5 orang supporter setiap sekolah, maka diberlakukan sistem giliran ketika masuk ke ruangan debat.
21.7. Suporter tim adalah teman-teman, guru, dan keluarga peserta. Mereka boleh memberi semangat (tepuk tangan/sorak-sorai/spanduk/umbul-umbul) dan komentar saat timnya tampil, asal dilakukan dengan cara yang etik dan sopan. Moderator akan memberikan peringatan bagi penonton dan peserta lain yang memberikan komentar atau sorak dan tepuk tangan yang berlebihan.
21.8. Bendera atau spanduk dan poster yang dibawa para suporter tim, dilarang keras berisikan kalimat mengejek, menghina, mendiskreditkan dan sejenisnya yang ditujukan kepada tim atau sekolah lainnya yang menjadi lawan debat.
21.9. Suporter di floor dilarang keras membantu memberikan jawaban kepada tim sekolahnya, jika tim tersebut mengalami kesulitan menjawab.
21.10. Agar tidak muncul potensi saling menjiplak argumentasi, moderator dan juri akan menyusun dan melontarkan isu-isu berdasarkan sup tema/topik yang berlainan dari kelima topik utama yang diperdebatkan.
21.11. Selama perdebatan, para peserta diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dan bukan bahasa daerah apalagi bahasa “gaul”.
22.    Juara I Lomba Debat di setiap kota terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang guru pembimbing, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Debat guna dicarikan pemenang Tk Nasional, sekaligus beramah-tamah dengan Menteri Perdagangan RI. Seluruh biaya perjalanan ke Jakarta ditanggung oleh Panitia Lomba.
23. Grand Final direncanakan akan diselenggarakan di Jakarta, pada 22 Desember 2010 (menyesuaikan jadwal Menteri Perdagangan).
24. Juara I Tk Nasional dalam Grand Final Lomba Debat akan memperoleh sertifikat, trophy bergilir Menteri Perdagangan RI, dan uang pembinaan. Seluruh guru pembimbing peserta grand final lomba debat, juga akan memperoleh sertifikat dari panitia.
25. Seluruh literatur yang dibutuhkan untuk bahan-bahan persiapan debat, bisa diunduh dari berbagai sumber di internet. Misalnya dari situs-situs http://www.indonesiakreatif.net, http://www.depdag.go.id  atau dari situs-situs penerbit suratkabar dan majalah terkait yang mengulas tentang ketiga sub-tema yang dijadikan bahan lomba debat ini.

1. Terbuka bagi pelajar SMA dan sederajat di 10 Kota, Kelas X, XI, dan XII.

2. Peserta lomba adalah tim (satu tim terdiri 3 orang).

3. Tiap sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan MAKSIMAL 2 (dua) tim debat.

4. Setiap tim debat didampingi oleh 1 (satu) orang guru pembimbing.

5. Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 tim lomba debat, maka guru pembimbing, jika memungkinkan, seyogianya juga berlainan (tidak merangkap).

6. Tema yang diperlombakan dalam Lomba Debat pada FEKSI 2010 ini adalah: “Kreatif, Mandiri, dan Bangga Produk Dalam Negeri”, dengan tiga sub-tema sbb:

a. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

b. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.

c. Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.

7. Sub-tema yang akan diperdebatkan akan diundi pada hari H pelaksanaan debat.

8. Sejak babak penyisihan hingga final, panitia akan menggunakan tiga sub-tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat. Sub-tema akan terus berganti, namun tetap mengacu pada ketiga sub-tema di atas, dalam setiap putaran debat.

9. Debat ini menggunakan sistem PERINGKAT atau RANKING.

10. Setiap debat akan mempertandingkan 2 – 4  tim dengan durasi debat tiap sesi adalah 15 – 20 menit.

11. Penilaian debat meliputi:

a. Aspek substansi penguasaan masalah (40%) dengan juri dari Kementerian Perdagangan atau Pengamat/Pelaku Ekonomi Kreatif;

b. Aspek logika dan analisa berpikir (30%) dengan juri dari Akademisi Lokal; dan

c. Aspek gaya bicara, etika bicara, intonasi bicara, maupun gerak tubuh (30%) dengan juri dari Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat.

12. Seluruh tim yang menjadi peserta akan mengikuti Babak Penyisihan dari pagi sampai sore pada hari pertama lomba. Dewan Juri akan menentukan 10 tim peringkat teratas hasil babak penyisihan, yang berhak maju ke babak Semifinalis keesokan harinya.

13. Pada hari kedua, akan berlangsung Babak Semifinal yang diikuti oleh 10 tim untuk menentukan 3 tim terbaik yang berhak lolos ke Babak Final pada siang harinya.

14. Ketiga tim yang masuk ke Babak Final tersebut, akan bertanding kembali, untuk menentukan Juara I – III yang berhak memperoleh hadiah trophy, uang pembinaan, dan sertifikat dari panitia.

15. Pendaftaran peserta lomba debat dilaksanakan dengan menyerahkan formulir pada saat technical meeting di masing-masing kota, atau mengirimkan formulir pendaftaran tersebut yang sudah diisi lengkap ke Panitia Lomba melalui e-mail di alamat: feksi2010@gmail.com dan CC: spspusat@spsindonesia.or.id, hingga  saat Deadline pendaftaran atau jika sudah mencapai 40 TIM. Jika jumlah peserta debat sudah 40 tim, maka pendaftaran langsung DITUTUP meskipun belum sampai batas waktu penutupan.

16. Pendaftaran Lomba Debat melalui Faksimili dan Pos Tercatat/Jasa Kurir tidak diperbolehkan dan akan dianggap GUGUR.

17. Panitia akan mengadakan technical meeting untuk memberikan penjelasan teknis sekaligus sebagai awal pendaftaran  peserta (Lihat Jadwal Technical Meeting).

18. Pengambilan Nomor Undian peserta debat akan diadakan pada hari H, Pk. 08.00 – 09.00 waktu setempat sambil registrasi ulang seluruh peserta lomba debat.

19. Peserta debat DILARANG merangkap menjadi peserta lomba menulis artikel dan sebaliknya.

20. Jalannya perdebatan dipimpin oleh seorang moderator.

21. Kronologi perdebatan akan dibagi menjadi 3 (tiga) bagian:

a. Bagian pertama: masing-masing tim diminta menyampaikan pendapat/pernyataan awal tentang sub-tema yang menjadi jatah undiannya selama 1 (satu) menit. Misalnya: sub-tema “Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional”.

b. Bagian kedua, Dewan Juri (diwakili oleh salah satu Juri), akan melakukan pendalaman kepada seluruh tim yang tengah berdebat. Setiap tim debat harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Juri pada sesi ini.

c. Bagian ketiga, moderator melempar satu pertanyaan terkait sub-tema yang diperdebatkan bagi Sesi tersebut, kemudian harus dijawab berebutan (siapa cepat menunjukkan jari maka berhak menjawab duluan). Jawaban dari salah satu tim inilah yang akan dilempar untuk dikonfrontasikan oleh moderator dengan jawaban dari tim-tim lainnya. Jadilah pada bagian ini akan terjadi perdebatan seru antar tim, namun tetap di bawah kendali dari moderator. Moderatorlah yang mengarahkan agar perdebatan berjalan dalam rel yang benar, tidak berkembang menjadi debat kusir. Inilah yang disebut sebagai Sesi Debat Bebas.

d. Saat berlangsung perdebatan bebas antar tim ini, moderator akan mengendalikan suasana perdebatan agar tidak terjadi debat kusir antar tim yang sedang bertanding. Dewan juri hanya akan menyaksikan dan sekaligus menilai kualitas perdebatan setiap tim tersebut.

e. Setiap pendapat memperoleh apresiasi sama. Tidak ada vonis benar atau salah dalam berpendapat atau berdebat. Juri akan menilai dari sisi substansi pendalaman masalah dan logika solusi yang ditawarkan, serta gaya komunikasi yang ditampilkan oleh peserta. Termasuk soal etika dalam berbicara.

f. Setiap sesi debat, di ruangan semua peserta boleh masuk. Sementara jumlah suporter dibatasi, maksimal 5 orang (diluar peserta), yang boleh masuk di ruangan debat. Jika lebih dari 5 orang supporter setiap sekolah, maka diberlakukan sistem giliran ketika masuk ke ruangan debat.

g. Suporter tim adalah teman-teman, guru, dan keluarga peserta. Mereka boleh memberi semangat (tepuk tangan/sorak-sorai/spanduk/umbul-umbul) dan komentar saat timnya tampil, asal dilakukan dengan cara yang etik dan sopan. Moderator akan memberikan peringatan bagi penonton dan peserta lain yang memberikan komentar atau sorak dan tepuk tangan yang berlebihan.

h. Bendera atau spanduk dan poster yang dibawa para suporter tim, dilarang keras berisikan kalimat mengejek, menghina, mendiskreditkan dan sejenisnya yang ditujukan kepada tim atau sekolah lainnya yang menjadi lawan debat.

i. Suporter di floor dilarang keras membantu memberikan jawaban kepada tim sekolahnya, jika tim tersebut mengalami kesulitan menjawab.

j. Agar tidak muncul potensi saling menjiplak argumentasi, moderator dan juri akan menyusun dan melontarkan isu-isu berdasarkan sup tema/topik yang berlainan dari kelima topik utama yang diperdebatkan.

k. Selama perdebatan, para peserta diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dan bukan bahasa daerah apalagi bahasa “gaul”.

22. Juara I Lomba Debat di setiap kota terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang guru pembimbing, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Debat guna dicarikan pemenang Tk Nasional, sekaligus beramah-tamah dengan Menteri Perdagangan RI. Seluruh biaya perjalanan ke Jakarta ditanggung oleh Panitia Lomba.

23. Grand Final direncanakan akan diselenggarakan di Jakarta, pada 22 Desember 2010 (menyesuaikan jadwal Menteri Perdagangan).

24. Juara I Tk Nasional dalam Grand Final Lomba Debat akan memperoleh sertifikat, trophy bergilir Menteri Perdagangan RI, dan uang pembinaan. Seluruh guru pembimbing peserta grand final lomba debat, juga akan memperoleh sertifikat dari panitia.

25. Seluruh literatur yang dibutuhkan untuk bahan-bahan persiapan debat, bisa diunduh dari berbagai sumber di internet. Misalnya dari situs-situs www.indonesiakreatif.net, www.depdag.go.id atau dari situs-situs penerbit suratkabar dan majalah terkait yang mengulas tentang ketiga sub-tema yang dijadikan bahan lomba debat ini.

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

14 thoughts on “Ketentuan khusus lomba debat FEKSI 2010

  1. Terima kasih pak, petunjuk teknis pelaksanaan debat sudah saya unduh.

  2. Terima kasih sudah menjadikan situs http://www.indonesiakreatif.net menjadi salah satu sumber literatur untuk lomba debat.🙂

    Jika ada yang dapat kami bantu dalam publikasi, silahkan kontak kami di contact@indonesiakreatif.net.

    Terima Kasih🙂

    • Terima kasih juga telah berkenan merespons event Lomba Debat dan Menulis Artikel tentang Ekonomi Kreatif yang kami selenggarakan bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan. Tentu saja kami sangat membutuhkan dukungan publisitas untuk menyukseskan acara ini sebagai sebuah concern bersama kita untuk mengembangkan dan memajukan aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia. Jika diperkenankan, mohon kiranya situs blog ini bisa di-share kepada publik melalui situs indonesia kreatif. Sekali lagi terima kasih dan salam kreatif Indonesia…!

  3. saya sudah pernah kirimkan formulir, tetapi saya salah menulis menjadi feksi 2021.Saya sudah kirim lagi dengan alamat feksi2010@gmail.com.Apakah kelompok saya masih boleh mengikuti perlombaan ?
    Terimaksih

    • Hallo Windia…. Sepanjang di kota Anda jadwal deadline pendaftaran belum terlampaui, tentu saja masih bisa mengikuti lomba. Karena itu, silakan dicek jadwal event di kota Anda melalui postingan di blog yang sudah kami publikasikan (lihat di bagian Kategori, lalu pilih deadline pendaftaran artikel atau pendaftaran lomba debat). Ditunggu partisipasinya. Salam FEKSI dan kreatif selalu…!!!

  4. Saya peserta dari SMAN 2 Makassar.
    Saya telah mengirimkan formulir pendaftaran.
    -tetapi kepsek saya belum tanda tangan, karena beliau belum datang. mungkin datang pada hari senin. jadi nanti saya akan kirimkan lagi. karena saya telpon pak tarjan katanya tanda tangannya boleh nyusul
    -saya tidak mengikuti techmet, apakah saya sudah termasuk sebagai peserta?

    terima kasih atas perhatiannya🙂

    • Hallo Putri… Sepanjang Putri telah mengirimkan formulir, tentu Putri akan kita daftar menjadi peserta. Jika belum yakin, silakan cek ke pak Tarja di kantor yaaa.. Ini no telp kami di SPS Pusat Jakarta: 021-3459671 atau 3811228. Salam FEKSI dan kreatif selalu…!!!

  5. saya ingin bertanya nih…yang mewakili dan juara 1 itu ke jakarta? yang 10 besar gimana?

  6. assalamu’alaikum wr.wb
    berarti yang 10 besar tersebut tetap tinggal diwilayah masing-masing dan yang hanya mewakili tiap daerah cuman juara ke-1?
    wa’alaikum sallam wr.wb

  7. kalau kirim formulir baru tanggal 26 nov 2010 masih bisa diterima ?

    • Hallo Eduardotdf… Untuk Denpasar, penutupan pendaftaran memang tanggal 26 November pas tengah malam menjelang 27 November. Jika formulir Anda dikirim tgl tersebut, kami masih terima. Demikian.

      Salam FEKSI dan kreatif selalu…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s