Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Pelajar didorong geluti ekonomi kreatif

Tinggalkan komentar

Senin, 04/10/2010 12:28:43 WIB
Oleh: Rika Novayanti

JAKARTA: Kementerian Perdagangan mendorong pelajar untuk bergerak di sektor ekonomi kreatif untuk meningkatkan produksi dalam negeri dan mengembangkan ekspor nasional. Potensi pelajar tingkat SMA dalam ekonomi kreatif diharapkan dapat terbuka dalam Festival Ekonomi Kreatif Pelajar selama 27 September – 22 Desember 2010 .

Dalam ajang tersebut diharapkan para pelajar dapat menemukan potensi ekonomi kreatifnya melalui kegiatan debat dan penulisan artikel.

Subagyo, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, menjelaskan Festival Ekonomi Kreatif Pelajar ini merupakan salah satu kampanye untuk memacu semangat wirausaha pelajar SMA sekaligus menciptakan rasa bangga terhadap produk dalam negeri.

“Pelajar merupakan titik masuk sosialisasi cinta produk Indonesia yang diharapkan dapat ditularkan kepada masyarakat umum,” kata Subagyo.

Sektor ekonomi kreatif dipilih karena mampu menyumbang 6,3% dari produk domestik bruto (PDB) dan menciptakan 5,9% lapangan kerja yang setara dengan 5,4 juta jiwa pada 2007. Pada tahun yang sama ekspor industri kreatif mencapai Rp81,4 triliun atau 9,13% dari total ekspor nasional.

Menurut M Ridlo Eisy, Ketua Harian Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), menyatakan bahwa sekurangnya 5-10% pelajar SMA menempuh pendidikan tinggi yang relevan dengan industri kreatif.

Festival Ekonomi Kreatif Pelajar ini akan diikuti oleh 250-300 pelajar dari 10 kota di Indonesia, antara lain DKI Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Palembang, Denpasar, Surabaya, Jogjakarta, dan Banjarmasin.

Grand Final akan diadakan di Jakarta pada tanggal 22 Desember 2010, memperebutkan tropi Menteri Perdagangan, sertifikat, serta uang pembinaan. (mfm)

Sumber: http://web.bisnis.com/sektor-riil/perdagangan/1id212615.html.

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s