Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Kemendag & SPS gelar festival ekonomi kreatif

Tinggalkan komentar

Jakarta (4/10) – Talenta-talenta kreatif Indonesia dari dunia perfilman, desain grafis, arsitektur, hingga kesenian, nyaris tidak pernah kering, silih berganti tampil ke permukaan. Para kreator di berbagai bidang ekonomi kreatif inilah yang ikut memberikan kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Statistik menunjukkan, sektor ekonomi kreatif mampu menyumbang 6,3 persen dari produk domestik bruto (PDB). Sektor ekonomi kreatif juga telah menciptakan 5,9 persen lapangan kerja, setara dengan 5,4 juta jiwa (2007).  Bahkan, pada 2007, ekspor industri kreatif mencapai Rp 81,4 triliun atau 9,13 persen dari ekspor nasional. Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, juga berbasiskan produksi dalam negeri yang kian menguat. Lihatlah contoh film-film nasional besutan sutradara-sutradara muda handal, yang kian hari makin mendapat tempat di hati penonton film Indonesia.

Guna menyosialisasikan pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis produk dalam negeri, Kementerian Perdagangan RI, melalui Direktorat Jenderal Produk Dalam Negeri, bekerjasama dengan Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat, akan menggelar Festival Ekonomi Kreatif tingkat SMA se-Indonesia. Program ini akan berlangsung di 10 kota: Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Palembang, Banjarmasin, dan Denpasar, mulai 27 September hingga 22 Desember 2010.

“Selain mempopulerkan aktivitas ekonomi kreatif, program ini juga bertujuan untuk mengkampanyekan rasa bangga terhadap produk dalam negeri serta memacu semangat kewirausahaan di kalangan anak-anak muda pelajar SMA se-Indonesia,” ungkap Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Subagyo. Sekitar 3000 pelajar SMA plus 800 guru pendamping akan terlibat dalam program yang dikemas dalam bentuk lomba debat dan lomba menulis artikel tentang ekonomi kreatif dan produk dalam negeri, yang memperebutkan trophy bergilir Menteri Perdagangan RI.

Mengapa menyasar pelajar? “Sekurangnya, terdapat 5 – 10 persen pelajar SMA yang menempuh pendidikan tinggi yang relevan dengan sektor ekonomi kreatif (komunikasi, desain visual, penyiaran, jurnalistik, fotografi, animasi, dll) setiap tahun. Mereka itulah yang akan mengisi pasar kerja dan wirausaha di bidang ekonomi kreatif,” imbuh M Ridlo ‘Eisy, Ketua Harian Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat. “Kami juga telah merilis situs blog khusus program ini, yang bisa diakses di alamat https://feksi.wordpress.com,” imbuh Ridlo. ***

Informasi lebih lanjut tentang Siaran Pers ini, silakan menghubungi:
Asmono Wikan – Direktur Eksekutif SPS Pusat (08161191936).

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s