Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Jakarta mengawali FEKSI

1 Komentar

Suasana debat FEKSI di Jakarta.

Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI) 2010, resmi dibuka hari ini, Selasa (12/10), diawali penyisihan lomba debat dan penilaian awal peserta lomba menulis artikel wilayah Jakarta. Dalam pembukaan yang berlangsung di Grha Tirtadi, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Direktur Eksekutif Newspaper in Education (NiE) Indonesia Kukuh Sanyoto, berpesan agar ajang lomba debat dan menulis artikel hasil kolaborasi SPS Pusat dan Kementerian Perdagangan ini bisa dimanfaatkan untuk belajar berargumentasi dan berbeda pendapat diantara peserta.

Indonesia telah diakui masyarakat internasional sebagai negara Muslim dan demokratis terbesar di dunia. “Karenanya, mari tunjukkan kepada masyarakat di luar pula, jika sejak dini Anda sebagai pelajar sudah memiliki kepandaian berdebat dan bersikap yang demokratis pula,” ujarnya kepada sekitar 150 peserta yang menghadiri acara ini.

Jakarta merupakan kota pertama yang menjadi target penyelenggaraan FEKSI 2010. Sembilan belas tim debat telah menyelesaikan babak penyisihan hari ini yang dipandu oleh Mangarahon sebagai moderator. Sepuluh tim diantaranya bahkan sudah terpilih maju babak semifinal esok siang, Rabu (13/10) di tempat yang sama. Mereka adalah:  SMAN 11 (A), SMKN 8 (A),  SMAN 74 (B), SMAN 55 (B), SMAN 2 (B), SMAN 104 (B), SMAN 99, SMAK 3 Penabur, SMAN 55 (A), 10. SMAN 74 (A).

Juri FEKSI di Jakarta; M Kh Rachman, Kukuh Sanyoto, dan Rofikoh Rokhim.

Sementara itu, dewan juri juga telah memilih 10 nominator lomba artikel yang esok hari juga harus melakukan presentasi lisan di depan juri untuk uji materi. Mereka adalah: 1. Yessica Chandra (SMAK 3 Penabur); 2. Inggrid Hayasidarta (SMAK 3 Penabur); 3. Theresia Felisia Katherina (SMAN 2); 4. Mutia Fauziah (SMAN 99); 5. Mufti Muqsita (SMAN 74); 6. Patricia (SMAN 2); 7. Natalia (SMK Bhinneka Tunggal Ika); 8. Intan Oka Herdanis (SMAN 11); 9. Intan Nuraini (SMAN 74); dan 10. Riesta Febrina (SMAN 96).

Esok hari, semifinal akan diawali dengan presentasi para nominator lomba artikel, direncanakan mulai pk. 13.00 – 14.30 wib, dilanjutkan semifinal lomba debat, pk. 15.00 – 16.00 wib, selanjutnya final lomba debat pukul 16.00 – 16.30 wib. “Khusus semifinal dan final, lomba debat akan menggunakan mekanisme debat bebas yang langsung dipandu oleh moderator. Tidak ada lagi sesi pernyataan awal dan pendalaman oleh dewan juri,” jelas Asmono Wikan, Ketua Panitia FEKSI 2010, yang juga menjadi salah satu juri lomba menulis artikel.

Disamping Asmono, dewan juri FEKSI 2010 wilayah Jakarta adalah Rofikoh Rokhim, Phd (akademisi FE – UI), Kukuh Sanyoto (Direktur Eksekutif NiE Indonesia), dan M. Kh. Rachman (Direktur Dwi Sapta Advertising). ***

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

One thought on “Jakarta mengawali FEKSI

  1. kak, dalam lomba debat itu isu yang diajukan, apa berkisar isu umum atau yang berskala besar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s