Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Riau kirim SMAN 2 dan SMAN 6 Pekanbaru ke Jakarta

5 Komentar

Juara debat FEKSI 2010 wilayah Riau: SMAN 6 Pku, SMAN 8 Pku, dan SMA Dharmaloka.

FEKSI putaran kedua di Pekanbaru usai sudah kemarin, Sabtu (16/10). Dua wakil Riau yang berhak menyabet tiket ke grand final di Jakarta bulan Desember yang akan datang adalah Dian Theresia Purba (SMAN 2 Pekanbaru) untuk kategori artikel dan tim SMAN 6 Pekanbaru untuk kategori debat. Dalam final the best of three untuk menghasilkan best of the best wilayah Riau, tim debat SMAN 6 Pekanbaru berhasil menyisihkan tim SMAN 8 Pekanbaru dan tim SMA Dharmaloka Pekanbaru.

Dian Theresia, Syara Nurhayai, dan Efrita Purba. Para pemenang lomba artikel FEKSI wilayah Riau.

Jalannya final lomba debat yang menghantar SMAN 6 sebagai jawara FEKSI wilayah Riau berlangsung sengit dan menegangkan. Dua pertanyaan digulirkan oleh moderator kepada tiga tim yang maju ke babak final. Mereka adalah tim SMAN 6 Pekanbaru, SMAN Dharmaloka Pekanbaru, dan SMAN 8 Pekanbaru. Pertanyaan pertama disampaikan oleh “moderator tamu” Asmono Wikan, yang juga merupakan Ketua Panitia FEKSI 2010. Ia melontarkan pertanyaan tentang instrumen kebijakan selevel apakah yang harus dikeluarkan jika dibutuhkan untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi kreatif. “Apakah harus UU, PP, Keppres, atau cukup dengan Kepmen?” sebut Asmono kepada tiga finalis.

Tim Debat SMAN 6 Pekanbaru di tengah-tengah suporternya.

Tim SMAN 6 mengambil posisi memilih PP. Sementara dua tim lain, SMAN 8 dan SMA Dharmaloka memilih UU. Sementara pertanyaan kedua diajukan oleh Satria Batubara sebagai moderator utama, menyangkut pilihan-pilihan atas sejumlah sektor industri kreatif yang perlu diproritaskan dalam pengembangannya.

Histeria Dian Theresia Purba (SMAN 2 Pekanbaru), saat diumumkan sebagai jawara lomba artikel FEKSI wilayah Riau.

Gemuruh sorak-sorai dan tepuk tangan dari suporter ketiga tim tak henti-hentinya mengalir selama final debat berlangsung. Dan, saat debat usai, juri pun memutuskan tim SMAN 6 Pekanbaru berhak meraih tiket ke Jakarta, untuk bertarung dengan sembilan tim dari sembilan propinsi lainnya.

Selengkapnya, peringkat 4 – 10 untuk lomba debat berhasil diraih oleh tim SMK Pertanian Terpadu Negeri Riau, SMAN 2 Pekanbaru, SMAN 3 Pekanbaru, SMAN 2 Rambah Hilir Rokan Hulu, SMAN 7 Pekanbaru, SMAN 5 Pekanbaru, dan SMA Islam As-Shofa Pekanbaru.

Pada kategori lomba menulis artikel, Dian berhasil menaklukkan lawan-lawannya. Setelah Dian, mereka yang menduduki posisi 2 – 10 adalah: Syara Nurhayati (SMAN 2 Rambah Hilir), Efrita Purba (SMAN 8 Pekanbaru), Irman Faiz (SMAN 8 Pekanbaru), Susilowati (SMAN 2 Rambah Hilir), Winda Kemala (SMAN 2 Pekanbaru), Raihanil Jannah (SMAN 1 Pekanbaru), Kitty Andriany (SMAN 2 Rambah Hilir), Jefri Nainggolan (SMAN 5 Pekanbaru), dan Isna Wilanti (SMAN 3 Pekanbaru). ***

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

5 thoughts on “Riau kirim SMAN 2 dan SMAN 6 Pekanbaru ke Jakarta

  1. pak,mau tanya,,,,
    grand finalnya itu dilaksanakan di jakarta ya?????

    hanya sedikit saran dari saya,kenapa tidak ditempat lain yang memang ekonomi kreatifnya sudah terkenal dan sedikit maju seperti Yogjakarta,Bali,dll. Jadi selain para finalis tingkat Nasional berlomba,mereka juga mendapatkan pendidikan dengan langsung terjun kelapangan industri kreatif itu sendiri,,,,
    seperti di Bali banyak seniman-seniman yang terkenal dan juga produk-produk yang bersifat kreatif….

    kurang lebihnya saya minta maaf,karena saya hanya memberi masukan saja,, Maju Terus Anak-Anak Bangsa & tetap semangat…….
    Wassalam..

    • Pak Ade yang baik…. Terima kasih atas saran-saran bapak. Mohon maaf, ini baru pertama kali kami selenggarakan. Anggaran yang kami dapatkan pun juga tidak terlalu besar. Atas pertimbangan itulah, serta berbagai pertimbangan lain soal kemudahan mengundang peserta dari seluruh daerah –harap diingat, semua daerah memiliki penerbangan langsung ke JKT, namun tidak untuk ke Bali dan Jogja, misalnya–, serta kemudahan dalam mengkonsolidasikan event, maka untuk tahun ini kami selenggarakan di Jakarta acara grand finalnya. Mohon doa restunya, mudah2an tahun depan kami bisa bawa para grand finalis ke Bali atau Jogja. Sekali lagi, terima kasih atas saran2 yang Bapak berikan. Salam FEKSI dan kreatif selalu…!!!

  2. Jangan lupa tangan mendayung nanti arus membawa hanyut.
    selamat ya, semoga sukses selalu dan tingkatkan prestasi mu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s