Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Lucyana Erlita, suka mendaur ulang “sampah”

Tinggalkan komentar

Lucyana Erlita Purnama Putri, Juara I Artikel FEKSI Jatim.

Siapa yang suka dengan sampah??? Hhhhmmmm, tentu tak ada yang mau menyentuh sampah jika harus disuruh. Eitsss…. Tapi, tidak semua sampah adalah barang tak berguna. Sebagian dari sampah yang hendak dibuang, justru bisa dimanfaatkan kembali untuk dikemas sebagai produk anyar yang punya nilai ekonomi. Tak percaya? Coba, tanyakan saja hal ini pada Lucyana Erlita Purnama Putri, pemenang pertama lomba artikel FEKSI Jawa Timur.

Lucy, begitu ia karib disapa, yang menulis artikel bertajuk “Pemanfaatan Sampah Kabel, Kayu, dan Kemasan sebagai Souvenir Antik”, terbilang orang yang langka. Ia dan sejumlah kawan di sekolahnya, SMKN 7 Surabaya, kerap memanfaatkan sampah hasil praktikum di sekolah untuk didaur ulang menjadi produk souvenir kerajinan. Sampah sisa praktikum listrik, misalnya, ia olah menjadi souvenir bunga. Pun dengan sampah plastik pembungkus permen dan makanan, bisa dikemas ulang sebagai souvenir yang tak kalah cantiknya.

Belia kelahiran Surabaya, 18 Juni 1994, itu sehari-hari adalah siswi jurusan teknik komputer jaringan di sekolahnya. Buah cinta kasih pasangan Djoko Hadi Purnomo dan Irmina Kustin Romlah, ini berangan-angan ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses. “Saya suka membuat sesuatu (produk) agar menjadi lebih berarti (bernilai ekonomi),” tutur remaja yang gemar menulis tersebut. Ia berharap FEKSI bisa terus berlanjut dan kian mampu menarik remaja di Indonesia untuk menjalankan kegiatan ekonomi kreatif. “Saya siap membawa nama baik Jawa Timur dalam grand final FEKSI yang akan datang di Jakarta,” pungkas sosok yang dikenal agak pendiam itu dengan wajah optimistik. Selamat untuk Lucy…! ***

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s