Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Akhir yang sempurna…!!!

11 Komentar

Lompatan Sang Juara FEKSI 2010

Amat jarang saya menggunakan kata sempurna untuk menggambarkan sesuatu pencapaian. Tapi, kali ini, mengikuti perjalanan FEKSI 2010 sejak babak penyisihan hingga berakhir dalam grand final 22 Desember lalu, saya harus mengatakan “sempurna”. Sengaja saya masih berikan tanda kutip, sebagai bentuk mawas diri untuk tidak jumawa, sekaligus menyisakan ruang berinovasi pada tahun-tahun berikutnya.

Empat puluh finalis FEKSI 2010 disertai 20 guru pembimbing dari 10 kota sejak 22 – 24 Desember 2010 berada di Jakarta mengikuti seluruh rangkaian grand final. Malam puncak grand final yang berlangsung di Auditorium Kementerian Perdagangan, Rabu (22/12), menjadi kenangan yang tiada terlupakan. Tiga finalis grand final –tim debat SMAN 15 Palembang, SMKN 8 Jakarta, dan SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung– yang sebelumnya lolos dari laga penyisihan siang dan sore harinya di Grha Tirtadi, Jalan Raden Saleh, Jakarta, malam itu (22/12) tampil kembali di depan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Tak cuma Mari yang ada di ruangan. Belasan pejabat eselon I hingga III di  lingkungan Kemendag, turut menyaksikan malam puncak Grand Final FEKSI 2010.  Mari Pangestu pun mengawali grand final debat dengan melontarkan pertanyaan tiga faktor yang menghambat dan satu faktor pendukung berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia. Dengan mudahnya, pertanyaan itu direspons ketiga tim debat tersebut sangat meyakinkan. Dua pertanyan berikutnya dilontarkan oleh Sekjen Kemendag Ardiansyah Parman dan Wakil Menteri Perdagangan.

Singkat cerita, tim debat SMAN 15 Palembang akhirnya mampu merebut juara nasional debat FEKSI 2010 dan berhak memboyong trophy bergilir Menteri Perdagangan. Sebagai runner up dan pemenang ketiga adalah tim debat SMAT Krida Nusantara Bandung dan SMKN 8 Jakarta. Melengkapi 10 besar grand final lomba debat, berada di peringkat 4 – 10 adalah tim debat SMAN 3 Palopo, SMAN 1 Ungaran, SMAN 6 Pekanbaru, SMAN 5 Surabaya, SMAN 4 Denpasar, SMAN 1 Banjarbaru, dan SMAN 8 Jogjakarta.

Pada kategori lomba artikel, setelah melalui penyisihan grand final sore harinya dalam bentuk presentasi di tempat yang sama, juara nasional direbut oleh Nur Khansa Ranawati (SMAN 2 Bandung). Sementara Maharani (SMAN 5 Semarang) dan Amanda Wijayanti (SMAN 1 Jogjakarta) merebut gelar runner up dan pemenang ketiga. Khansa juga berhak membawa trophy bergilir Menteri Perdagangan sebagai juara artikel FEKSI nasional.

Berada di peringkat 4 – 10 untuk kategori artikel adalah Iffah Atqa (SMA Plus 17 Negeri Palembang), Muhammad Reysa (SMAN 2 Makassar), Ramadhan Feisal (SMAN 1 Banjarbaru), Anggi Martha Paradila Rusadi (SMKN 3 Denpasar), Dian Theresia Purba (SMAN 2 Pekanbaru), Theresia Felisia Katherina (SMAN 2 Jakarta), dan Lucyana Erlita Purnama Putri (SMKN 7 Surabaya).

“Kesempurnaan” grand final FEKSI 2010 makin terasa, lantaran penampilan gemilang acapela Gradasi yang membawakan dua nomer pembuka sekaligus berinteraksi dengan audiens, serta persembahan jingle FEKSI oleh Dhia Fairus dari SMAN 1 Sidoarjo, Jawa Timur. Ketika menyampaikan sambutannya, Mari beberapa kali berbicara di luar teks yang sudah dipersiapkan. Ia rupanya sangat terkesan oleh penampilan Fairus yang secara spontan menyerahkan compact disk (CD) rekaman jingle FEKSI yang ia nyanyikan. Sejumlah kalimat sambutannya, mengutip lirik jingle FEKSI.

Apa yang disampaikan Fairus sendiri kepada Mari Pangestu? “Bu Menteri, inilah CD jingle FEKSI yang saya buat sendiri bersama teman-teman Virtuoso, grup band sekolah kami. Mudah-mudahan jingle ini bisa digunakan menjadi jingle resmi FEKSI 2011, dan kalau itu terjadi, mohon kiranya Bu Menteri berkenan memfasilitasi untuk mengurus hak ciptanya…!”

Duuuuhh…!!! Sebuah permintaan yang menohok. Kontan, Mari juga merespons spontan. “Tentu…tentu…  FEKSI masih berlangsung lagi tahun depan kan,” ucapnya sembari menengok ke Sekjen Kemendag dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Subagyo. Serentak seluruh audiens pun menjawab, “Massiiiiiiiiihhh…!”

Keterpesonaan Mari juga terarah pada penampilan tiga finalis debat serta seluruh finalis FEKSI 2010. Buktinya? Usai memberikan wejangan kepada para finalis, ia pamit sebentar untuk mengikuti rapat di ruangannya di lantai 5, tapi berjanji akan turun kembali untuk berfoto bersama seluruh finalis FEKSI 2010.

Janji itu benar-benar ia tepati. Ia pun berfoto dengan para finalis. Semoga janji Mari Pangestu juga terealisir pada FEKSI 2011 dan tahun-tahun berikutnya. Terima kasih bu Menteri, terima kasih pak Sekjen, terima kasih pak Dirjen, terima kasih para finalis, terima kasih para guru pembimbing. Sampai jumpa pada FEKSI 2011. Salam kreatif selalu…!!! (asmono wikan)

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

11 thoughts on “Akhir yang sempurna…!!!

  1. Sungguh Fantastis FEKSI 2010….
    Membuat anak-anak bumi Sawerigading (Kota Palopo) makin bersemangat menyambut FEKSI 2011…

  2. tolong diadakan FEKSI lagi ya..Banyak juga ilmu yang didapat para arek-arek suroboyo tentang ekonomi kreatif. Selain itu, bisa mengetahui bakat dan minat kita lebih jauh yang masih berkaitan dengan ekonomi kreatif. Tak sabar menunggu FEKSI 2011..:)

  3. ayo sps menggaet kementrian pertahanan…

    lomba debat n artikel

  4. ayo sps menggaet kementrian pertahanan bikin lomba debat n artikel

  5. Selamaattt Feksi…ditunggu tahun depan…seneng sekali membaca cerita pak Asmono

    Salam,
    http://untukanakbangsa.blogspot.com/2010/11/ulasan-festival-ekonomi-kreatif-2010-se.html

    • Terima kasih Amel… Terima kasih atas dukungan dan partisipasinya dalam FEKSI 2010. Mohon doanya agar FEKSI 2011 bisa berlangsung lebih meriah dan lebih besar lagi…. Salam kreatif slalu…!!!

  6. Klo perlu buat mahasiswa juga perlu pak as tahun depan spy aku bisa ikut lagi . Hahaha

  7. tahun depan adain juga buat mahasiswa dong pak, aku pgn ikut lagi nih . hahahaha

  8. Jadikan Web blog ini hidup terus….
    mohon admin bisa kirimkan E-Mail
    agar teman2 yg mo berbagi pengalaman atau tips dan trik, nulis artikel tentang FEKSI juga bisa diseleksi dan ditampilkan di beranda blog ini…

  9. Wah kapan main di Jogja nih ? itu foto saya pas 2010 ya ? ahai kangen banget bisa bertemu temen2 se Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s