Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Ketentuan lomba debat FEKSI 2011

10 Komentar

Secara umum, nyaris tidak ada perubahan pada tata cara lomba debat Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI) 2011 dibanding FEKSI 2010. Setiap tim terdiri dari tiga orang dan setiap sekolah maksimal boleh mengirimkan dua tim debat.

Namun dari sisi penyelenggaraan, event FEKSI di masing-masing kota dari lima kota tujuan –Jakarta, Bandung, Palembang, Semarang, dan Jogjakarta– hanya berlangsung satu hari. Babak penyisihan, semifinal, hingga final di tiap kota berlangsung pada hari yang sama.

Inilah selengkapnya persyaratan dan aturan pelaksanaan lomba debat FEKSI 2011:

1. Lomba debat tentang Ekonomi Kreatif ini akan mempertandingkan antar tim SMA atau sederajat di 5 kota besar di Indonesia: Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, dan Palembang.
2. Setiap tim debat  terdiri dari 3 orang. Setiap sekolah boleh mengirimkan maksimal 2 tim debat.
3. Peserta lomba debat adalah siswa kelas X, XI, dan XII.
4. Setiap tim debat didampingi oleh 1 orang guru pendamping/pembimbing.
5. Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 tim debat, maka guru pembimbing seyogianya berlainan.

6. Setiap tim harus mempelajari semua tema yang akan diperdebatkan saat lomba. Tema yang akan dijadikan bahan debat adalah sebagai berikut:
– Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional.
– Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
– Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.

7. Pendaftaran peserta debat dilaksanakan dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap ke Panitia Lomba hingga  tiga hari menjelang hari H lomba ATAU hingga jumlah peserta lomba debat sudah mencapai 30 TIM. Jika jumlah peserta debat sudah 30 tim, maka pendaftaran langsung DITUTUP meskipun belum sampai batas waktu penutupan seperti ketentuan semula (H minus 3).
8. Panitia akan mengadakan technical meeting untuk memberikan penjelasan teknis sekaligus sebagai awal pendaftaran  peserta.
9. Pengambilan Nomor Undian peserta debat akan diadakan pada hari H, Pk. 07.00 – 08.00 waktu setempat sambil registrasi ulang seluruh peserta lomba debat.

10. Sejak babak penyisihan hingga final, panitia akan menggunakan tiga tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat. Tema akan terus berganti, namun tetap mengacu pada ketiga tema di atas, dalam setiap putaran debat.
11. Debat ini menggunakan sistem PERINGKAT atau RANKING.
12. Pada babak penyisihan, akan diambil 10 tim dengan peringkat tertinggi/terbaik, untuk selanjutnya maju ke babak Semifinal pada hari itu juga.
13. Pada babak semifinal, akan diambil 3 tim terbaik dengan peringkat tertinggi untuk maju babak Final.
14. Setiap debat akan bertanding 2 – 4 tim SMA yang saling berhadapan, dengan dipandu seorang moderator, dengan durasi debat antara 15 – 30 menit, bergantung jumlah peserta yang mengikuti debat.
15. Dalam setiap sesi debat, Moderator dan Dewan Juri akan menguji peserta dengan berbagai pertanyaan yang relevan dan saling dikonfrontasi dengan tim peserta lain.

16. Setiap putaran debat akan menyajikan dua sampai tiga tema yang diajukan oleh moderator.
17. Setiap tim diminta menyampaikan statement awal selama maks 1 menit oleh moderator atas satu tema yang disodorkan oleh moderator.
18. Selanjutnya moderator mempersilakan Juri untuk melontarkan pertanyaan ujian kepada masing-masing tim.
19. Usai juri mengajukan pertanyaan pendalaman kepada masing-masing tim (tidak harus seluruh juri bertanya satu-satu kepada semua tim, yang penting semua tim mendapat giliran penajaman dari juri), moderator akan melempar tema kedua yang akan diperdebatkan secara bebas oleh para peserta, dengan sistem rebutan (siapa cepat dia mendapat giliran pertama menjawab).

20. Saat berlangsung perdebatan bebas antartim ini, moderator akan mengendalikan suasana perdebatan agar tidak terjadi debat kusir antartim yang sedang bertanding. Dewan juri hanya akan menyaksikan dan sekaligus menilai kualitas perdebatan setiap tim tersebut.
21. Setiap pendapat memperoleh apresiasi sama. Tidak ada vonis benar atau salah dalam berpendapat atau berdebat. Juri akan menilai dari sisi substansi pendalaman masalah dan logika solusi yang ditawarkan, serta gaya komunikasi yang ditampilkan oleh peserta. Termasuk soal etika dalam berbicara.
22. Setiap sesi debat, di ruangan semua peserta boleh masuk.
23. Agar tidak muncul potensi saling menjiplak argumentasi, moderator dan juri akan menyusun dan melontarkan isu-isu berdasarkan sub tema/topik yang berlainan dari kelima topik utama yang diperdebatkan.
24. Selama perdebatan, para peserta diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dan bukan bahasa daerah apalagi bahasa “gaul”.

25. Dewan Juri sebanyak 3 orang (unsur Kementerian Perdagangan, Perguruan Tinggi, dan SPS), akan menilai performa para peserta debat. Parameter penilaian meliputi:
26. Penguasaan masalah/tema (40%) -> Juri dari Kemendag atau praktisi ekonomi kreatif.
27. Logika pendapat yang dikemukakan dalam mendebat (30%) -> Juri dari akademisi Perguruan Tinggi lokal.
28. Penampilan, meliputi Intonasi dan gaya bicara (30%) -> Juri dari SPS Pusat.
29. Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) dan sertifikat serta hadiah hiburan bagi 7 nominator.
30. Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT dari Panitia.

31. Pemenang I Lomba Debat di setiap kota terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang guru pendamping, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Debat guna dicarikan pemenang Tk Nasional, sekaligus beramah-tamah dengan Menteri Perdagangan RI. Seluruh biaya perjalanan ke Jakarta ditanggung oleh Panitia Lomba.
32. Grand Final direncanakan akan diselenggarakan di Jakarta, pada 22 Desember 2011 (menyesuaikan jadwal Menteri Perdagangan).
33. Pemenang I Tk Nasional dalam Grand Final Lomba Debat akan memperoleh sertifikat, trophy bergilir Menteri Perdagangan RI, dan uang pembinaan. Seluruh guru pendamping/pembimbing peserta grand final lomba debat, juga akan memperoleh sertifikat dan merchandize dari panitia.

Iklan

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

10 thoughts on “Ketentuan lomba debat FEKSI 2011

  1. Wah, sudah ada FEKSI 2011. Lalu, formulir untuk pendaftaran lomba debatnya bagaimana? sama seperti yg 2010?
    Deadline pendaftaran kapan dan penyelenggaraan lomba debat di Jakarta itu tanggal berapa yah? terima kasih =)

  2. feksi jogja kuotanya udah penuh belum?

    • Hallo Basara…. Untuk wilayah Jogjakarta, kuota peserta debat sudah penuh mencapai 30 tim. Dengan demikian, pendaftaran sudah kami tutup. Terima kasih. Salam FEKSI slalu…!!!

  3. feksi bandung apakah kuotanya masih ada? kami sudah mengirimkan formulir via e-mail. -sman 1 cianjur- terimakasih

    • Hallo bu Asri… Tim debat SMAN 1 Cianjur sudah kami daftar sebagai peserta debat FEKSI di Bandung. Terima kasih atas partisipasinya dan sampai bertemu dalam event tanggal 24 Nov y.a.d. Salam FEKSI selalu…!

  4. feksi di palembang?

  5. buat panitia wilayah semarang, lomba debat jangan pas ulangan akhir semester dong. tgl 28 nov sampe tgl 8 des kan kami ada test.

    • Hallo bu Suspeni…. Berdasarkan kesepakatan dengan calon peserta saat telmit wilayah Semarang yang diadakan Rabu (16/11) sore, event FEKSI wilayah Semarang tetap akan kami selenggarakan tanggal 1 Desember 2011. Tempatnya insya Allah di auditorium Bank Jateng. Jika ada perubahan tempat, kami akan komunikasikan lagi kemudian. Salam FEKSI slalu….!

  6. Apakah masih ada kuota untuk pendaftaran lomba debat regional bandung?
    Terimakasih

    • Hallo pak Herry…. Untuk Bandung kuota sudah penuh 30 tim. Mohon maaf kami sudah tutup pendaftarannya. Terima kasih atas atensinya. Mudah2an tahun depan bisa berpartisipasi. Salam FEKSI slalu…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s