Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Inilah Ketentuan Lomba Menulis Artikel FEKSI 2013

43 Komentar

Seperti lomba tahun2011 dan 2012, pada tahun ini Lomba Menulis Artikel FEKSI 2013 juga dibuka online secara nasional. “Seluruh pelajar SMA dan sederajat se-Indonesia berhak mengikuti lomba menulis artikel ini,” ujar Asmono Wikan, Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat. Secara ringkas, seluruh artikel harus dikirimkan melalui e-mail termasuk biodatanya. “Batas waktu pengiriman artikel (deadline) adalah tanggal 30 Oktober 2013,” imbuh Asmono.
Selengkapnya, inilah persyaratan yang harus dipenuhi bagi para peserta lomba menulis artikel FEKSI 2013:

1. Lomba menulis Artikel ini diikuti perorangan siswa/i SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia (tidak sebatas di 11 kota).
2. Peserta lomba menulis artikel adalah siswa kelas X dan XI.
3. Peserta wajib memilih salah satu dari 4 tema di bawah ini sebagai bahan artikel:
a. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi.
b. Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.
c. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
d. Ekonomi Kreatif dan Daya Saing Ekonomi Indonesia.
4. Judul artikel bebas, sesuai dengan salah satu dari tema-tema yang ditentukan di atas.
5. Dalam penulisan artikel, apabila mengutip suatu pendapat atau data, si penulis harus mencantumkan sumbernya. Atau membuat daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.
6. Artikel ditulis ketik 1,5 spasi maksimal 4 halaman kuarto (A4), di luar halaman daftar pustaka dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 4 halaman, maka halaman berikut bisa digunakan untuk daftar pustaka dan biodata.
7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) artikel. Setiap sekolah boleh mengirimkan peserta sebanyak-banyaknya.
8. Peserta lomba menulis artikel, DILARANG MERANGKAP sebagai peserta Lomba Debat. Begitu berlaku sebaliknya.
9. Bahan-bahan penulisan artikel bisa diambil dari berbagai sumber yang relevan (suratkabar, majalah, tabloid, buku, internet, jurnal, web Kementerian Perdagangan, web Indonesia Kreatif, dll).
10. Font yang digunakan dalam menulis artikel adalah Calibri ukuran 12, margin standar (4-3-4-3). Nama file yang dikirimkan (karya artikel) menggunakan Nama si Peserta sendiri yang diikuti nama kota. Contoh: Mutiara Hapsari (Jogjakarta).
11. Setelah selesai dibuat, artikel silakan dikirimkan Kepada Yth. Panitia Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA se-Indonesia Tahun 2013, HANYA melalui E-mail dengan alamat: feksisps@gmail.com.
12. Pengiriman artikel, harus disertai dengan pengisian formulir pendaftaran yang bisa diperoleh di alamat: http://j.mp/FEKSIartikel. Antara artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, HARUS ditulis dalam satu file, JANGAN terpisah dalam file berbeda.
13. Pengiriman artikel bisa dilakukan menggunakan alamat e-mail pribadi peserta lomba atau menggunakan alamat e-mail guru pembimbing/sekolah.
14. Satu pengiriman e-mail bisa dilakukan untuk seluruh artikel dari sekolah bersangkutan.
15. Konfirmasi atas pengiriman e-mail atau informasi tentang lomba artikel bisa dilakukan via telepon ke SPS Pusat: 021 – 3459671 dan 3811228 atau dengan Sdr. Sekhudin (0813 1884 6907) dan Sdri. Riska (0853 1090 2036).
16. Setiap pengiriman naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai, terdiri dari: Nama Peserta, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, Nomor Telepon/Fax Sekolah, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal Lahir, Nomor Telepon/HP, Alamat E-mail, Nama Guru Pembimbing, dan No HP Guru Pembimbing.
17. Batas waktu (deadline) pengiriman artikel adalah 30 Oktober 2013 (berlaku Nasional seluruh Indonesia).
18. Artikel yang dikirim melalui pos/jasa courier dan atau dikirim via faksimili, dianggap GUGUR dan tidak akan dilakukan penilaian oleh Dewan Juri.
19. Artikel yang diterima oleh Panitia Lomba setelah tanggal tersebut di atas, akan dianggap GUGUR, dan tidak berhak diikutkan pada lomba.
20. Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri sebanyak tiga orang yang terdiri dari unsur Praktisi Ekonomi Kreatif, Akademisi Perguruan Tinggi, dan Serikat Perusahaan Pers (SPS). Kriteria Penilaian Artikel:
a. Kesesuaian naskah dengan tema lomba (40%).
b. Kedalaman analisis (30%).
c. Komunikatif dan mudah dimengerti (30%).
21. Besaran penilaian artikel ditentukan berdasarkan angka, dari 0 – 100 kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.
22. Juri akan menentukan 10 nominator dari seluruh Indonesia yang akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Menulis Artikel FEKSI 2012.
23. Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama tingkat nasional (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) saat grand final berlangsung
24. Pemenang I Lomba Menulis Artikel tingkat nasional, akan memperoleh thropy bergilir Menteri Perdagangan RI.
25. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
26. Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT.

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

43 thoughts on “Inilah Ketentuan Lomba Menulis Artikel FEKSI 2013

  1. maaf mau bertanya, peserta lomba menulis artikel nantinya akan dapat piagam tdk ya?

  2. tetapi tahun lalu saya ikut lomba menulis artikel. hanya sebagai peserta sih, tetapi saya jg tidak mendapat piagam.

    • Hallo Festia… Wah, mohon maaf kalo sampai terlewat Anda tidak mendapat sertifikat. Bolehkah tahu Anda dari kota mana dan sekolah apa? Saya akan cek terlebih dahulu, dan akan kirimkan sertifikat keikutsertaan Anda tahun lalu. Karena pada dasarnya seluruh peserta memperoleh sertifikat. Baik yang menjadi juara maupun tidak. Saya tunggu kabarnya yaaa… Sekali lagi mohon maaf. Salam FEKSI slalu…!

      • saya juga belum menerima piagam tahun lalu. saya peserta lomba artikel dari Palembang. terima kasih…

  3. kalau sekarang kita daftar kira2 masih bisa ga?

  4. saya dari kota yogyakarta. sekolah di SMA N 1 Sewon Bantul. okeoke trimakasih sekali atas kebijakannya🙂

  5. kita yang dari MA ALI MaKSUM yogyakarta yang tahun kemarin ikut lomba artikel juga belum dapat juga sertifikatnya lho mas(ada 3 peserta)

  6. saya mohon segera ditindaklanjuti. trimakasih

  7. maaf, saya mau tanya. apakah semua peserta lomba artikel tahun lalu (yang menang&tidak menang) dapat sertifikat? lalu, apakah ada kuota untuk peserta lomba artikel tahun ini? bagaimana cara melihat daftar peserta yang sudah mendaftar. mohon infonya. Terima kasih banyak.🙂

    • Hallo Atristya…. Seluruh peserta lomba artikel tahun lalu kami kirimi sertifikat. Baik yang menang maupun tidak. Jika Anda belum mendapatkannya, kami akan segera kirim kembali. Mudah2an dalam waktu dekat sudah bisa diterima. Untuk tahun ini, lomba artikel tidak dibatasi kuotanya. Perkembangan jumlah peserta yang sudah mendaftar akan kami sampaikan melalui blog secara berkala. Ditunggu partisipasinya ya… Salam FEKSI slalu…!

  8. maaf mau nanya,untuk pengiriman formulir lomba menulis artikel dr email saya bareng sama artikel atau tidak?

  9. oke terimakasih🙂

  10. ini limitnya sampai kapan kk panitia? mei dari SMAN 2 Bengkulu bisa ikut ini tidak/? terima kasih

    • Hallo Mei…. Limit pengiriman artikel dan lomba foto jurnalistik adalah tanggal 30 Juni 2012 melalui e-mail. Ditunggu karya artikel dan foto dari Anda dan teman-teman di Bengkulu yaa… Salam FEKSI slalu…!

  11. gimana ya caranya ngedaftar artikel feksi ?

    • Hallo asmawati… Silakan buka link di ketentuan Lomba Menulis Artikel. Setelah terbuka, nanti ada formulir pendaftaran yang harus Anda isi lalu tekan “send”, maka formulir akan terkirim otomatis. Sementara karya artikel Anda bisa dikirim melalui e-mail ke alamat: feksisps@gmail.com. Ditunggu paling lambat 30 Juni 2012 ya… Jangan sampai terlambat. Salam FEKSI slalu…!

  12. assalamualaikum aku mau tanya soal pengiriman artikel feksi, pas aku liat di ketentuan lomba menulis artikelnya disitu dikatakan bahwa pengiriman artikel harus di sertai dgn formulir pndaftaran . itu maksudnya gimana? apa kita daftar lagi atau bagaimana??

    • Hallo Reny… Betul sekali, sebelum mengirim artikel, silakan juga kirim formulirnya yang bisa diunduh di bagian ketentuan Menulis Artikel. Kami tunggu yaa…. Salam FEKSI slalu…!

  13. Hallo FEKSI… perkenankan saya bertanya lagi.
    Misalkan beberapa bulan yang lalu saya sudah mengisi formulir pendaftaran. Nah, jika saya ingin mengirim artikel saya, apa harus mengisi formulir lagi atau tidak?
    Terima kasih..

  14. hallo… saya mau tanya nih kk admin…
    di ketentuan no.2 kan yg blh ikt tuh kls X ma XI,
    nah skrng kan dh rapotan, saya naik kls 12, seingat saya wktu thn lalu blh ikt kls 12 nya….
    apakah saya boleh ikt ap g?? thx kk….

    • Hallo Yoga… Ketentuan ini dibuat pada saat Anda semua masih ada di kelas X dan XI. Tentu saja sekarang karena sudah kenaikan kelas, maka semua peserta menjadi kelas XI dan XII. Tidak mengapa. Silakan tetap mengirim artikel Anda, ditunggu paling lambat 30 Juni 2012. Salam FEKSI slalu…!

      • oh, gitu…
        artikelnya nanti saya kirim besok, gpp kan?
        maaf telat… hehehe
        trim’s kk…. salam FEKSI!!!

  15. maaf saya kirim email ke feksisps@gmail.com. melalui yahoo knpa kok gk bisa??

  16. Saya tdak pnya guru pembimbing,saya mengerjakan artikel ini sendrian.Apa boleh saya mengosongkan kolom dalam formulir pendaftaran yang berhubungan dengan guru pembimbing dan tetap terdaftar sbgai peserta?

  17. Mohon selain yg masuk 10 besar,yg masuk peringkat 11- 20 atau11- 30 juga ditampilkan(bt menilai kemampuan kita).Mksih

  18. MAAF MAU TANYA,PENGUMUMAN YANG MASUK 10 BESAR…LANGSUNG KE EMAIL PESERTA ATAU DITAMPILKAN DI BLOG INI?

  19. maaf mau tanya,yang masuk 10 besar lomba artikel dikabari via email y masing2 atau via blog ini

  20. Siapa aja nama-nama 30 nominator Lomba Menulis Artikel FEKSI 2012 ??
    Seluruh peserta dapat sertifikat ya dan dikirim lewat email ya??
    Terimakasih

  21. halo feksi… apakah syarat thn 2012 sama dgn 2013…

    • Hallo bu Nel… Secara umum syarat peserta dan ketentuan lain FEKSI tahun 2012 dengan 2013 sama. Silakan cek kembali ketentuan lombanya di blog ini. Salam FEKSI 2013…

  22. dan judul karya tulis itu sama juga gk dgn debat nya…? terimakasih feksi ….

  23. masih bisa kah kami mendaftar debat feksi 2013 hari ini??????bls

  24. bgm klo calon peserta tdk mempunyai email sendiri?????????

  25. Assalamu’alaykum
    Tahun lalu kelas XII masih diperbolehkan ikut untuk mengikuti lomba menulis artikel, apakah kebijakan yang sama juga berlaku pada tahun ini?
    Terima Kasih
    Wassalam

  26. kak mohon link untuk formulir harap di update, karena tidak bisa dibuka. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s