Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Ganjaran Bagi Konsistensi Semangat

Tinggalkan komentar

Juara I debat FEKSI 2012 wilayah Jogjakarta. Tim SMA Pangudi Luhur Sedayu, Bantul.

Mempertahankan sebuah semangat dan motivasi dalam jangka panjang bukan pekerjaan mudah. Butuh konsistensi luar biasa yang harus terus-menerus dihidupkan. Bagai bara api yang tak pernah padam. Selalu menyala-nyala. Predikat ini, layak disematkan pada tim debat SMA Pangudi Luhur Sedayu Bantul, yang diawaki Andreas Adhi Eko Prasetyo (17), Maria Ike Susilowati (16), dan Bernadeta Dewi Christiyanti (17), sang jawara debat FEKSI 2012 wilayah Jogjakarta.

Semangat bertanding mereka luar biasa. Setiap tahun di ajang FEKSI, kehadiran mereka yang penuh sorak-sorai bersama para pendukung dan guru pembimbingnya, selalu menjadi bagian dan warna tersendiri.  Itulah barangkali yang membuat Andreas dan timnya mampu bertanding penuh energi sejak babak penyisihan hingga final di Jogjakarta. Sungguhpun begitu, mereka tak menyangka bakal menjadi juara pertama. “Senang sekali menjadi juara. Ini tidak kami sangka sebelumnya,” ucap Andreas yang menggantung cita sebagai pastor.

Dua koleganya mengamini ucapan itu. “Saya bangga banget dan mendapat banyak pengalaman baru,” kata Maria yang ingin menjadi guru itu. “FEKSI sebuah event yang bagus banget,” imbuh Dewi, si calon psikolog.

Runner up debat FEKSI 2012 wilayah Jogjakarta. Tim SMAN 1 Jogjakarta.

Kebanggaan serupa juga menyeruak dari tim debat SMAN 1 Jogjakarta, sang runner up. “Alhamdulillah, ini pertama kali kami mendapat piala,” ujar Muhammad Yasironi (16) salah satu anggota tim debat sekolah ini yang menggantung cita sebagai dosen. Menurutnya, lomba debat FEKSI terbilang aneh sistemnya. Berbeda dengan sistem debat yang ia kenal sebalumnya. “Tapi itulah seni sebuah (sistem) lomba,” imbuhnya tersenyum. Senyum lebih merekah datang dari koleganya, Fada Wibawanto (17). “Saya terlalu bahagia (dengan hasil ini). Tidak menyangka,” kata pria pehobi main komputer ini. “Terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan lomba yang luar biasa ini,” cerocos jujur Aditya Bagas Caswita (16), anggota lain dari tim debat SMAN 1 Jogjakarta yang ingin menjadi dokter.

Tim SMAN 2 Jogjakarta. Juara III debat FEKSI 2012 wilayah Jogjakarta.

Bagaimana dengan sang jawara III, SMAN 2 Jogjakarta? Idem dito. Mereka pun terlihat sumringah mencapai posisi tersebut. “Saya bangga sekali karena bisa mengharumkan nama sekolah,” ungkap Pusparini Dharma Putri (16), anggota tim debat SMAN 2 Jogjakarta yang ingin menjadi peneliti. “Bangga sekali menjadi juara, karena persiapan terbilang minim,” sambung Adhisti Eka Putri (15) dan Vika Putri Kustanti (15) dua kolega Pusparini, yang mematok cita sebagai dokter dan dosen itu.

Begitulah. Semangat dan motivasi para jawara debat FEKSI 2012 di Jogjakarta semoga bisa menular ke kota-kota lain yang sedang bersiap menyongsong FEKSI di wilayah masing-masing. “FEKSI 2012…!” teriak Mega Ayu Putri dan Gigih Prastowo, duo MC FEKSI 2012 di Jogjakarta. “Muda, Kreatif, Mandiri…!” serentak jawab para peserta. “Jogjakarta…!” sambung Mega. “Istimewa…!” seru peserta kembali merespons.

FEKSI 2012 diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI. ***

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s