Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Tradisi Juara SMAN 2 Surabaya

Tinggalkan komentar

Tim debat SMAN 2 Surabaya. Jawara FEKSI 2012 wilayah Jawa Timur.

Keberhasilan tim debat SMAN 2 Surabaya mewakili Jawa Timur dalam grand final FEKSI 2012 bulan Juli mendatang, bukanlah hal yang mengagetkan bagi panitia. Penampilan mereka sejak babak penyisihan hingga final wilayah Jawa Timur di Gedung Telkom, Jalan Ketintang Surabaya, Selasa (22/5), membuktikan bahwa memang layak merebut tiket grand final tersebut. Disamping itu, SMAN 2 Surabaya memiliki tradisi panjang sebagai pemenang kegiatan-kegiatan serupa yang pernah digelar Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat sejak 2008.

Tak ayal, jika kini tim debat SMAN 2 Surabaya yang diawaki Vita Kartika Cahyarani (16), Aicha Shavira Ashuryani (16), dan Aldila Irsyad (16), tampil sebagai jawara “bak” kembalinya tradisi juara di tangan mereka. “Amazing. Dua tahun lalu (2010), saya ikut debat FEKSI dan finish di posisi kelima. Tahun ini, saya memang menargetkan bisa merebut juara pertama,” ungkap Aicha yang sudah mempersiapkan matang dirinya dan tim SMAN 2 Surabaya sejak tahun lalu. Menurut remaja yang senang membaca dan ingin menjadi pengusaha ini, FEKSI sungguh menyenangkan dan bermutu.

Koleganya dalam satu tim, Vita Kartika Cahyarani mengakui hal yang sama. “Debatnya menyenangkan. Meski saya merasa kaget karena baru kali ini ikut FEKSI langsung juara,” kata calon ahli politik internasional ini. “Saya juga merasa puas. Bahagia rasanya menjadi juara,” timpal Aldila yang menggantung cita sebagai penasihat hukum itu.

Tim SMAN 15 Surabaya. Runner up debat FEKSI 2012 wilayah Jawa Timur.

Sementara itu, trio SMAN 15 Surabaya (Aufa Bassam, Shafiyyatur Rosyidah, dan M Ferdian F) meski harus puas sebagai runner up tak ketinggalan mengumbar kebahagiaan mereka. “Senang. Next time harus lebih bagus (hasilnya),” ujar Aufa yang suka berdebat dan olahraga ini. Remaja kelahiran Surabaya 17 tahun lalu itu, rupanya anak salah satu direksi JTV Surabaya, Ali Murtadlo. “Tidak terduga bisa menjadi juara,” lanjut Shafiyyatur penuh syukur yang ingin menjadi hakim kelak. “Berasa memiliki keluarga baru,” pungkas Ferdian yang mematok cita sebagai presiden.

Tim SMAN 1 Ponorogo. Juara III Debat FEKSI 2012 wilayah Jawa Timur.

Menyandang peringkat ketiga bukanlah hasil buruk bagi tim paling jauh asalnya, SMAN 1 Ponorogo. Baru kali ini mereka merasakan ajang kompetisi FEKSI. Diperkuat Esti Indah Puji Lestari (17), Muh Najma Qolby (17), dan Astana Try Loka (17), mereka tampil penuh percaya diri menghadapi lawan-lawannya yang kebanyakan berasal dari Surabaya. “Wonderful, marvelous. Doorprizenya oke banget,” ujar Esti yang ingin jadi diplomat ini menggambarkan suasana lomba debat FEKSI 2012 di Surabaya. “FEKSI sungguh menantang dan penuh kreativitas,” imbuh Qolby yang kelak ingin jadi pengusaha. “Amazing,” singkat Astana sang calon guru itu berkomentar.

Seperti diungkapkan Esti, suasana debat FEKSI 2012 wilayah Jawa Timur di Surabaya memang penuh kejutan. Panitia menyediakan puluhan souvenir menarik bagi peserta yang mereka perebutkan melalui berbagai games dan dialog interaktif dipandu Ivana sang pembaca acara. Jelang akhir acara, sebuah kejutan pun datang. Sri Ambar Yusmeniwati, salah satu juri dari unsur praktisi ekonomi kreatif, dikejutkan ucapan selamat ulang tahun oleh beberapa peserta. Ya, Menik, begitu ia akrab disaba, hari itu, Selasa (22/5) tepat merayakan ulang tahun ke-39. “Happy birthday bu Menik,” seru puluhan peserta dan panitia kepada Menik yang disambut rasa haru penuh bahagia oleh Manajer Corporate Communcation Telkomsel area Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara itu.

FEKSI 2012 wilayah Jawa Timur di Surabaya diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI, dan didukung oleh Telkom dan Telkomsel. ***

Iklan

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s