Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

SMA Kristen 1 Tomohon Wakili Sulut

2 Komentar

FEKSI Manado-1

Para juara lomba debat FEKSI 2013 di Manado.

Wajah Windy Walintjo, Perchy Salaki, dan Yurike Kaunang tampak sumringah. Ketiga remaja yang tergabung dalam satu tim tersebut tampak mengumbar senyumnya. Padahal seharian itu, Kamis (07/02/2013) mereka bertiga ngotot-ngototan dengan sembilan tim lain, berusaha memenangkan argumentasi mereka.

Nyatanya, usaha Windy, Perchy, dan Yurike tak sia-sia. Soalnya, adu pendapat itu tak sembarangan. Mereka jadi juara satu dalam lomba debat Festival Ekonomi Kreatif Tingkat SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI) 2013 di Manado, Sulawesi Utara, sekaligus jadi wakil Manado dalam ajang yang sama di tingkat nasional nanti. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Rektorat Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Untuk jadi nomor satu, tim yang berasal dari SMA Kristen 1 Tomohon ini harus mengalahkan dua tim lain di babak final. Adalah tim debat dari SMA Negeri 9 Manado (Claudia Dumondor, Silvana Maleong, Rinny Rempowatu) dan SMA Negeri 3 Manado (Haryanto Setiadie, Lidya Kakalang, Indra Machmud) yang akhirnya harus mengakui keunggulan tim SMA Kristen 1 Tomohon. Kedua tim tersebut berturut-turut menduduki posisi juara kedua dan ketiga.

Masih seperti tahun sebelumnya, FEKSI kali ini adalah hasil kerja sama antara Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Manado jadi kota pembuka rangkaian FEKSI tahun 2013. FEKSI di Manado didukung juga oleh Harian Manado Pos dan Universitas Sam Ratulangi. Pesertanya cukup banyak, ada 35 tim yang bertarung di FEKSI Manado. Ratusan peserta ini diseleksi oleh dewan juri yang terdiri atas George M.V Kawung (Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat), Alvin Limando (Persatuan Pengusaha Hotel Sulawesi Utara), dan Djaja Dicky Tasjam (Pemimpin Redaksi Radar Manado).

Tak perlu khawatir, festival ini tidak melulu mengunjungi pelajar di Manado. Ia akan berkeliling ke sebelas kota lainnya di Indonesia buat memilih tim-tim debat terbaik. Mereka yang paling bagus di tingkat daerah itu kemudian akan berlomba lagi hingga akhirnya terpilih satu yang terbaik untuk tingkat nasional.

Kota-kota yang akan disambangi FEKSI sepanjang 2013 ini adalah Medan, Palembang, Pekanbaru, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, dan Makassar. Tahun ini FEKSI memasuki tahun keempat. Ia masuk dalam program Young Readers Indonesia. Berbeda dengan SPS Goes to Campus (SGtC), sasaran FEKSI lebih muda, yaitu siswa-siswi SMA.

Pada 2012 lalu, tim debat dari SMA Semesta Semarang, Jawa Tengah jadi juara nasionalnya. Ia berhasil mengungguli dua pesaingnya di babak final di Jakarta, SMA Pangudi Luhur Sedayu (Bantul, Yogyakarta) dan SMA Negeri 6 (Palembang, Sumatera Selatan). Lantas, siapakah yang bakal jadi juara tahun ini? Kita tunggu saja. (ahp)

Sepuluh Besar Lomba Debat FEKSI 2013 di Manado

1. SMA Kristen 1 Tomohon.
2. SMAN 9 Manado.
3. SMAN 3 Manado.
4. SMAN 4 Manado.
5. SMAN 1 Manado (Tim A).
6. SMAN 1 Manado (Tim B).
7. SMA N 9 Binsus Manado (Tim B).
8. SMAN 7 Manado (Tim A).
9. SMAN 9 Binsus Manado (Tim A).
10. SMAN 2 Manado (Tim A).

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

2 thoughts on “SMA Kristen 1 Tomohon Wakili Sulut

  1. maaf..disitu kok gak tertulis jadwal buat makassar?

    • Hallo Putri…. Untuk Makassar, insya Allah kami jadwalkan hari Selasa, 9 April 2013. Lokasi lomba secara persis masih menyusul nanti informasinya. Kami tunggu ya partisipasinya. Salam FEKSI 2013…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s