Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Mau Ikut Lomba Artikel FEKSI 2013? Baca Ketentuan Ini

16 Komentar

Seperti lomba tahun2011 dan 2012, pada tahun ini Lomba Menulis Artikel FEKSI 2013 juga dibuka online secara nasional. “Seluruh pelajar SMA dan sederajat se-Indonesia berhak mengikuti lomba menulis artikel ini,” ujar Asmono Wikan, Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat. Secara ringkas, seluruh artikel harus dikirimkan melalui e-mail termasuk biodatanya. “Batas waktu pengiriman artikel (deadline) adalah tanggal 30 Oktober 2013,” imbuh Asmono.

Selengkapnya, inilah persyaratan yang harus dipenuhi bagi para peserta lomba menulis artikel FEKSI 2013:

1. Lomba menulis Artikel ini diikuti perorangan siswa/i SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia (tidak sebatas di 11 kota).
2. Peserta lomba menulis artikel adalah siswa kelas X dan XI.
3. Peserta wajib memilih salah satu dari 4 tema di bawah ini sebagai bahan artikel:
a. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi.
b. Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.
c. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
d. Ekonomi Kreatif dan Daya Saing Ekonomi Indonesia.
4. Judul artikel bebas, sesuai dengan salah satu dari tema-tema yang ditentukan di atas.
5. Dalam penulisan artikel, apabila mengutip suatu pendapat atau data, si penulis harus mencantumkan sumbernya. Atau membuat daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.
6. Artikel ditulis ketik 1,5 spasi maksimal 4 halaman kuarto (A4), di luar halaman daftar pustaka dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 4 halaman, maka halaman berikut bisa digunakan untuk daftar pustaka dan biodata.
7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) artikel. Setiap sekolah boleh mengirimkan peserta sebanyak-banyaknya.
8. Peserta lomba menulis artikel, DILARANG MERANGKAP sebagai peserta Lomba Debat. Begitu berlaku sebaliknya.
9. Bahan-bahan penulisan artikel bisa diambil dari berbagai sumber yang relevan (suratkabar, majalah, tabloid, buku, internet, jurnal, web Kementerian Perdagangan, web Indonesia Kreatif, dll).
10. Font yang digunakan dalam menulis artikel adalah Calibri ukuran 12, margin standar (4-3-4-3). Nama file yang dikirimkan (karya artikel) menggunakan Nama si Peserta sendiri yang diikuti nama kota. Contoh: Mutiara Hapsari (Jogjakarta).
11. Setelah selesai dibuat, artikel silakan dikirimkan Kepada Yth. Panitia Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA se-Indonesia Tahun 2013, HANYA melalui E-mail dengan alamat: feksisps@gmail.com.
12. Pengiriman artikel, harus disertai dengan pengisian formulir pendaftaran yang bisa diperoleh di alamat: http://j.mp/FEKSIartikel. Antara artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, HARUS ditulis dalam satu file, JANGAN terpisah dalam file berbeda.
13. Pengiriman artikel bisa dilakukan menggunakan alamat e-mail pribadi peserta lomba atau menggunakan alamat e-mail guru pembimbing/sekolah.
14. Satu pengiriman e-mail bisa dilakukan untuk seluruh artikel dari sekolah bersangkutan.
15. Konfirmasi atas pengiriman e-mail atau informasi tentang lomba artikel bisa dilakukan via telepon ke SPS Pusat: 021 – 3459671 dan 3811228 atau dengan Sdr. Sekhudin (0813 1884 6907) dan Sdri. Riska (0853 1090 2036).
16. Setiap pengiriman naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai, terdiri dari: Nama Peserta, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, Nomor Telepon/Fax Sekolah, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal Lahir, Nomor Telepon/HP, Alamat E-mail, Nama Guru Pembimbing, dan No HP Guru Pembimbing.
17. Batas waktu (deadline) pengiriman artikel adalah 30 Oktober 2013 (berlaku Nasional seluruh Indonesia).
18. Artikel yang dikirim melalui pos/jasa courier dan atau dikirim via faksimili, dianggap GUGUR dan tidak akan dilakukan penilaian oleh Dewan Juri.
19. Artikel yang diterima oleh Panitia Lomba setelah tanggal tersebut di atas, akan dianggap GUGUR, dan tidak berhak diikutkan pada lomba.
20. Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri sebanyak tiga orang yang terdiri dari unsur Praktisi Ekonomi Kreatif, Akademisi Perguruan Tinggi, dan Serikat Perusahaan Pers (SPS). Kriteria Penilaian Artikel:
a. Kesesuaian naskah dengan tema lomba (40%).
b. Kedalaman analisis (30%).
c. Komunikatif dan mudah dimengerti (30%).
21. Besaran penilaian artikel ditentukan berdasarkan angka, dari 0 – 100 kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.
22. Juri akan menentukan 10 nominator dari seluruh Indonesia yang akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Menulis Artikel FEKSI 2012.
23. Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama tingkat nasional (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) saat grand final berlangsung
24. Pemenang I Lomba Menulis Artikel tingkat nasional, akan memperoleh thropy bergilir Menteri Perdagangan RI.
25. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
26. Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT.

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

16 thoughts on “Mau Ikut Lomba Artikel FEKSI 2013? Baca Ketentuan Ini

  1. guru pembina setiap seperta dibolehkan sama atau harus berbeda?

    • Hallo Uci… Alangkah baiknya guru pembina setiap tim berbeda. Namun sekiranya tidak memungkinkan, guru pembina bisa merangkap pada dua tim yang berbeda. Demikian dan salam FEKSI slalu…

  2. kalau yang ikut sekarang kelas XI bisa ndak….karena bsok pas bulan oktober sudah kelas XII, Gmn?

  3. bagaimana kita tahu kalau sudah terdaftar menjadi peserta ??

    • Hallo Lea, untuk memastikan pendaftaran Anda, silakan kontak panitia FEKSI dengan Pak Sekhudin di nomor 081318846907 dan kak Riska di nomor 085310902036. Salam FEKSI slalu…

  4. bagaimana kita bisa tahu kalau kita sudah terdaftar sebagai peserta lomba artikel ???

  5. Maaf mau tny. Kalau saya ikut lomba debat tp tidak juara apa masih diperbolehkan untuk mengikuti lomba artikel?

    • Hallo Gisella… Maaf, jika sudah mengikuti lomba debat, kami tidak mengiizinkan mengikuti lomba artikel, meskipun dia tidak jadi juara di lombat debat. Karena aturan tahun ini kami buat seperti itu. Mungkin tahun depan kami akan akomodasikan usulan Anda tersebut. Salam FEKSI slalu…

  6. assalamu’alaykum….. tahun lalu kelas XII masih di perbolehkan untuk ikut dalam lomba menuis artikel,, apakah kebijakan yang sama masih diberlakukan??? terimakasih sebelumnya…

  7. Maaf, mau nanya. Apakah kelas akselerasi boleh ikut lomba Feksi? Soalnya, pas awal november udah jadi kelas 12 SMA, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s