Festival Ekonomi Kreatif

Situs blog resmi Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)

Ketentuan lomba menulis FEKSI 2011

44 Komentar

Lomba menulis artikel pada FEKSI 2011 mengalami sedikit penyesuaian dibanding penyelenggaraan tahun lalu. Ini karena lomba menulis artikel dibuka secara nasional. “Seluruh pelajar SMA dan sederajat se-Indonesia berhak mengikuti lomba menulis artikel ini,” ujar Asmono Wikan, Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat.

Selengkapnya, inilah persyaratan yang harus dipenuhi bagi para peserta lomba menulis artikel FEKSI 2011:

1. Lomba menulis Artikel ini diikuti perorangan siswa SMA/SMK/MA  dari seluruh Indonesia (tidak sebatas di 5 kota).
2. Peserta lomba menulis artikel adalah siswa kelas X, XI,dan XII.
3. Peserta wajib memilih salah satu dari 3 tema di bawah ini sebagai bahan artikel:
3.1. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi.
3.2. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
3.3 Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.

4. Judul artikel bebas, sesuai dengan salah satu dari tema-tema yang ditentukan di atas. Simpanlah artikel tersebut dengan menggunakan nama penulis diikuti dalam tanda kurung nama kota asal peserta. Contoh: Mutiara Hapsari (Jogjakarta)
5. Dalam penulisan artikel, apabila mengutip suatu pendapat atau data, si penulis harus mencantumkan sumbernya. Atau membuat daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.
6. Artikel ditulis ketik 1,5 spasi maksimal 4 halaman  kuarto (A4), di luar halaman daftar pustaka dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 4 halaman, maka halaman berikut bisa digunakan untuk daftar pustaka dan biodata.
7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) artikel.
Setiap sekolah boleh mengirimkan peserta sebanyak maksimal 3 orang (siswa).

8. Peserta lomba menulis artikel, tidak boleh merangkap sebagai peserta lomba Debat dan sebaliknya.
9. Bahan-bahan penulisan artikel bisa diambil dari materi sosialisasi yang dibagikan panitia  dalam technical meeting di setiap kota.
10. Font Times New Roman ukuran 12, margin standar (4-3-4-3), lalu dikirimkan Kepada Yth. Panitia Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA se-Indonesia Tahun 2011, hanya melalui E-mail dengan alamat:
feksisps@gmail.com, CC: spspusat@spsindonesia.or.id.
11. Antara artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, HARUS ditulis dalam satu file, JANGAN terpisah dalam file berbeda.

12. Pengiriman artikel bisa dilakukan menggunakan alamat e-mail pribadi peserta lomba atau menggunakan alamat e-mail guru pembimbing/sekolah.
13. Satu pengiriman e-mail bisa dilakukan untuk seluruh artikel dari sekolah bersangkutan .
14. Konfirmasi atas pengiriman e-mail bisa dilakukan via telepon ke nomor: 021 – 3459671 dan 3811228 atau dengan koordinator panitia masing-masing kota yang sudah ditentukan.
15. Setiap pengiriman naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai, terdiri dari: Nama Peserta, Tempat dan Tanggal Lahir, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, No Telp Sekolah, No Telp/HP Peserta, Alamat E-mail Sekolah dan Peserta.
16. Batas waktu pengiriman artikel adalah 10 Desember 2011.
17. Artikel yang dikirim melalui pos/jasa courier dan atau dikirim via faksimili, dianggap GUGUR dan tidak akan dilakukan penilaian oleh Dewan Juri.

18. Artikel yang diterima oleh Panitia Lomba setelah tanggal tersebut di atas, akan dianggap GUGUR, dan tidak berhak diikutkan pada lomba.
19. Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri sebanyak tiga orang yang terdiri dari unsur Kementerian Perdagangan, Akademisi Perguruan Tinggi, dan Serikat Perusahaan Pers (SPS).
20. Kriteria Penilaian Artikel:
– Kesesuaian naskah dengan tema lomba (40%)
– Kedalaman analisis (30%).
– Komunikatif dan mudah dimengerti (30%).
21. Besaran penilaian artikel ditentukan berdasarkan angka, dari 0 – 100 kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.

22. Juri akan menentukan 10 nominator dari seluruh Indonesia.
23. Lima pemenang utama artikel dari seluruh Indonesia yang terpilih dari 10 nominator tersebut, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Menulis Artikel FEKSI 2011.
24. Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama tingkat nasional (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) saat grand final berlangsung.
25. Lima nominator yang tidak terundang mengikuti grand final, akan menerima hadiah souvenir dan sertifikat yang akan dikirim melalui Pos atau Jasa Kurir.
26. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
27. Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT.
28. Apabila ada informasi yang perlu ditanyakan, silakan hubungi: 021-3459671, 3811228. ***

 

Penulis: asmonowikan

An Optimistic and romantic man...!

44 thoughts on “Ketentuan lomba menulis FEKSI 2011

  1. {al peserta tahun lalu masih bisa ikut gak ?

  2. Peserta tahun lalu masih bisa ikut gak ?

  3. pak, kapan telmit di palembang ya????

    • Hallo pak Usman…. Telmit wilayah Palembang insya Allah tanggal 23 November, setelah Sea Games berlangsung. Ikuti saja terus beritanya melalui blog FEKSI ya…. Salam FEKSI slalu….!

  4. Tapi Pak Asmonowikan, kemarin kami dapat undangan bahwa telmit di Palemban tanggal 14 November jam 14.00 bertempat di Graha Pena. Apakah ada perubahan?

  5. Acra grand finalnya kapan pak ?

  6. hanya boleh 3 dari 1 skolah ya? bener2 ga boleh lebih? 😦

  7. asslmkum pak Asmono, bagaimana cara pendaftaran peserta lomba debat via online ?

  8. asslmualaikum pak asmono, berarti berdasarkan keterangan diatas ga ada presentasi artikel di masing-masing kota dong? berarti pada saat lomba di aula handayani nanti cuma peserta debat?

    • Hallo Utari… Untuk lomba artikel memang tidak ada presentasi di masing2 kota. Presentasi hanya dilakukan bagi para finalis grand final jika mereka sudah berada di JKT. Mudah2an Anda menjadi salah satu finalis grand final nanti. Utk event debat nanti akan diselenggarakan di Hotel Duta untuk kota PLM atau tempat lain jika ada perubahan. Hampir pasti, tidak lagi di Aula Handayani… Salam FEKSI selalu…!!!

  9. oh iya pak, mksh info nya, dan amin atas doanya hehehe :). salam FEKSI 🙂

  10. Utk lomba nulis artikelnya, peserta juga wajib ikut telmit ya ?

  11. pak, bagaimana kalau dlm satu sekolah yang ingin ikut dan berpotensi ikut lomba menulis artikel ini lebih dari 3 orang? sedangkan jika menghilangkan salah satunya,bisa menurunkan peluang,pak. jd, apa hrs 3 org satu sekolah,pak? 😦

  12. sy mendapat informasi bahwa pengumpulan artikel max. 16 nopember, tp di web sy liad 10 desember, yg benar yg mana ya?
    Sy jd bingung.

    • Hallo Coolis… Deadline (batas waktu) pengumpulan artikel tetap seperti jadwal semula, yakni tanggal 10 Desember 2011. Ikuti info di blog FEKSI dan jangan terpengaruh informasi dari sumber yang lain yang belum tentu kredibel. Salam FEKSI selalu…!

  13. Pak Asmono, untuk jumlah halaman ada batasannya tidak? trims

  14. asalamualaikum. pak asmono sya masih bisa gak ikut lomba artikel

  15. Pak saya mau tanya untuk penulisan artikel itu harus disertakan tanda tangan kepala sekolah dan guru tidak ya? Terima kasih.

    • Hallo Ghaps… Untuk pengiriman artikel tidak perlu tanda tangan Kepsek atau guru, sekiranya tidak mungkin dikirim. Cukup dengan ttd peserta artikel saja. Ditunggu karyanya ya… Salam FEKSI slau…!

  16. maaf mau bertanya.
    untuk lomba menulis artikel FEKSI 2011 tidak perlu pake formulir lomba menulis artikel kan ??
    makasih sblmnya .

    • Hallo Gaby…. Formulir lomba artikel itu adalah biodata yang disertakan saat pengiriman artikel ke panitia. Demikian dan ditunggu karya artikelnya. Salam FEKSI slalu…!!!

  17. mav saya ingin bertanya untuk hari ini sudah berapa orang yang massuk artikel ke FEKSI 2011??

  18. Pak Asmono sy sudah kirim artikel saya, sudah masuk belum pak ?

  19. samapi sekarang sudah brapa artikel yang masuk pak??

    • Hallo Desi… Jumlah peserta artikel yang masuk sudah lebih dari 100 karya. Kami akan mengumumkan data detilnya Senin (12/12) sore. Silakan ditunggu ya… Salam FEKSI selalu…!

      • bagaimana pak?? sudah banyak yg ngumpul??? trus pngumumannya kpan?? ehehe,, saya was-was nunggu :p

      • Hallo Desi… Alhamdulillah banyak peserta artikelnya. Total mencapai 143 karya dari berbagai kota. Insya Allah pengumunan 10 besar akan kami tayangkan di blog hari Jumat atau Sabtu pekan ini. Harap ditunggu ya… Silakan harap-harap cemas. Hehehehehe… Salam FEKSI slalu…!

  20. saya sudah mengirim artikel. tolong dicek ya..
    terima kasih..

  21. asalamualaikum.,
    permisi, saya sudah mengirim artikelnya. Sudah sampai atau belum ya?
    trmakasih ..

  22. Ass, sy sudah kirim artikel, sudah masuk blum pak ?

  23. selamat sore,
    saya cuma mau memastikan, apa artikel saya sudah diterima ??

  24. saya juga, atas nama Dela Ulfiarakhma (Palembang)
    terima kasih 🙂

  25. Ass, Saya kemarin sudah kirim artikel saya.!
    namun terjadi kesalahan.
    kalau hari ini sudah diterima belum artikel dari saya?

  26. Ass, Pas Asmono,, masih inget saya? Design Preneur dari palembang 🙂
    Salam FEKSI

Tinggalkan komentar